Riau

834 Nama Pemilih Ganda Ditemukan di Meranti

MERANTI (MR) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Meranti menemukan 834 nama Pemilih Ganda dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti dan setelah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Nasional.
 
"Setelah di lihat, pertama sebanyak 550 kegandaan yang direkomendasikan tanggal 30 Agustus 2018, dan rekomendasi kedua setelah penetapan DPT Nasional, Bawaslu RI melakukan analisis terhadap DPT Kabupaten dan Kota se-Indonesia ditemukan lagi sebanyak 284 kegandaan," ungkap Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal, Selasa 11 September 2018.
 
Syamsurizal mengatakan, pemilih ganda itu tersebar di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti, yakni ganda dalam TPS, antar Desa dan terdapat kegandaan antar Kecamatan.
 
Atas data yang bersumber dari analisis tanggal 10 September 2018 itu, Bawaslu Kepulauan Meranti meminta KPU Kabupaten Kepulauan Meranti agar melakukan identifikasi dan verifikasi langsung di lapangan atas temuan tersebut.
 
Menyangkut temuan kegandaan itu, nantinya KPU dan Bawaslu Kepulauan Meranti beserta Partai Politik akan melakukan pencermatan bersama, dan penghapusan data yang sudah teridentifikasi ganda.
 
"Pertemuan itu diagendakan pada tanggal 12 September 2018 ini. Kemudian pada tanggal 13 September KPU Kepulauan Meranti akan melaksanakan rapat pleno penyempurnaan DPT Pemilu 2019," ujarnya.
 
Pengawasan yang dilakukan terhadap DPT itu, jelasnya, bertujuan agar DPT Kepulauan Meranti lebih akurat, berkualitas dan akuntabel, serta menjaga hak konstitusional warga yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Juga merupakan upaya pencegahan agar di Kabupaten Kepulauan Meranti tidak terjadi pemungutan suara ulang yang diakibatkan oleh adanya pemilih terdaftar di lebih dari 1 TPS dan memilih lebih dari satu kali," jelasnya.
 
Hadir dalam rapat koordinasi itu, Komisioner Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal, Romi Indra, M. Zaki dan staf Sekretariat Bawaslu. 
 
Sedangkan dari KPU dihadiri Komisioner KPU Meranti, Sanra Marawira, Dadang dan sejumlah staf Sekretariat KPU.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan