Nasional

Mantap...!!! Pindad Buat Panser Badak Canggih Nomor Satu di Asia

MONITORRIAU.COM - Keberhasilan PT Pindad melaksanakan uji tembak meriam 90 mm oleh Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat (Dislitbang TNI AD) membuat industri pertahanan nasional kembali menggeliat. 19 Munisi yang ditembakkan dari meriam Panser Badak berhasil dengan baik, dengan begitu panser jenis baru ini bisa melanjutkan ke tahap produksi massal.

Panser yang membawa Canon 90 mm merupakan buatan anak-anak bangsa ini telah melalui lima tahap pengujian. Seluruh munisi yang ditembakkan berhasil mengenai sasaran berukuran 4x4 dengan jarak kurang lebih satu kilometer dan kondisi kendaraan yang stabil dan terkendali saat dilakukan penembakan. Setelah uji tembak, beberapa mata pengujian lain seperti uji laboratorium dan uji jelajah eksternal akan dilaksanakan bersama Dislitbang AD.

Jika berhasil melalui seluruh tes yang dilakukan bersama TNI AD, maka Panser Badak akan menyusul Panser Anoa yang telah diproduksi sebagai kendaraan angkut personel atau APC. PT Pindad telah memproduksi 292 unit Anoa, selain TNI, panser ini telah dipakai Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Seperti apa kecanggihan Panser Badak?

Nama 'Badak' sendiri diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saar meninjau pameran persenjataan internasional 2014 (Indo-Defence) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Pemberian nama itu dilakukan atas permintaan PT Pindad.

"Desain awalnya kendaraan serbu ini dari Panser Anoa. Tadi Pak JK bilang namanya Panser Badak, soalnya kalau Anoa sudah ada sebagai pengangkut pasukan," kata Kadep Komunikasi Pindad Sena Maulana di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (5/11/2014) lalu.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan