Pendidikan

HIMA PBSI FKIP UIR Gelar Bulan Bahasa 2018

PEKANBARU (MR) - Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru menaja perhelatan akbar Bulan Bahasa UIR setiap tahunnya.

Bulan Bahasa 2018 bertemakan: "Cintai Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Benteng Persatuan Bangsa". Bulan Bahasa 2018 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bedanya Bulan Bahasa 2018 tingkat se-Asia Tenggara, sedangkan yang terdahulu hanya tingkat Nasional.

"Kami ingin menjawab tantangan dari rektor UIR tahun lalu. Dimana beliau melihat Bulan Bahasa UIR tingkat nasional selalu sukses kami taja, jadi Pak Rektor minta tahun ini Bulan Bahasa harus tingkat Asia Tenggara," kata Bupati HIMA PBSI FKIP UIR, Fadli Anas kepada Monitorriau.com, di UIR, Senin (1/10).

Banyak macam lomba diadakan pada Bulan Bahasa 2018, dari tingkat pelajar SMP hingga tingkat guru dan dosen. Lomba tingkat pelajar SMP: pidato, baca puisi se-Riau dan cipta cerpen, cipta puisi se-Indonesia. Lomba tingkat pelajar SMA: baca puisi, cerdas cermat, drama komedi, musikalisasi puisi se-Riau dan cipta cerpen, cipta puisi se-Indonesia.

Lomba tingkat mahasiswa: baca puisi, cerdas cermat se-Riau, cipta cerpen, cipta puisi se-Indonesia, dan cipta puisi berbahasa Indonesia se-Asia Tenggara. Lomba tingkat Guru PAUD, TK dan SD: mendongeng se-Riau. Lomba tingkat guru umum: baca puisi, menulis karya ilmiah se-Riau dan cipta cerpen, cipta puisi se-Indonesia. Terakhir, lomba tingkat dosen: baca puisi se-Riau.

Ketua Panitia Bulan Bahasa UIR 2018, Ari Fathonah mengatakan, ada jenis lomba baru yang akan diadakan pada Bulan Bahasa UIR 2018 nanti. "Lomba cerdas cermat, lomba mendongeng serta lomba cipta puisi tingkat mahasiswa se-Asia Tenggara lomba yang baru diadakan pada Bulan Bahasa tahun ini," jelasnya.

"Tahun lalu peserta lomba Bulan Bahasa UIR hampir mencapai angka 2.000. Ya, semoga tahun ini bisa lebih dariitu jumlah pesertanya," tambah Ari.

Ari melanjutkan, Bulan Bahasa UIR 2018 akan dilaksanakan pada 12-17 November 2018. "Inshaallah acara ini akan dilaksanakan dari tanggal 12 November hingga 17 November nanti," lanjutnya.

"Pendaftaran juga sudah kami buka, bagi peserta yang mau daftar langsung, bisa datang ke stan yang berada di Gedung C FKIP UIR. Atau peserta di luar kota juga bisa daftar via on-line," pungkas Ari. (Peb)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan