Nasional

Tolak Kenaikan Harga Rokok Ribuan Petani di Temanggung Demo

Monitorriau.com - Sekitar 3.000 petani tembakau di Temanggung, Jawa Tengah menggelar aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga rokok. Aksi tersebut mereka gelar di kantor Bupati dan DPRD setempat. Dalam aksi yang dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB, para petani menuntut tiga hal.

"Pertama meminta pemerintah untuk mengklarifikasi kenaikan harga rokok. Kedua meminta agar DPR RI segera mengesahkan Undang-undang pertembakauan. Dan menyetop impor tembakau," kata koordinator aksi Noer Ahsan saat dihubungi merdeka.com, Selasa (23/8).

Ahsan mengatakan, jika pimpinan di daerah tidak menyampaikan tuntutan ke pemerintah pusat maka mereka bakal melakukan aksi yang lebih besar lagi. Namun, usai aksi tadi para petani ditemui oleh wakil bupati dan perwakilan dari DPRD.

"Kami senang karena mereka mengerti kondisi dan nasib petani tembakau. Harapan kami mereka bisa meneruskan aspirasi kami ke pemerintah pusat dalam hal ini Pak Jokowi dan Jusuf Kalla," ujarnya.

Menurutnya, kalau harga rokok benar terjadi maka akan mengancam nasib para petani. Terlebih lagi jika ada impor tembakau. "Yang paling membahayakan tembakau dari luar negeri. itu yang mengancam," ucap Ahsan.

Saat aksi ribuan petani membawa bendera merah putih, spanduk dan poster. Aksi itu juga berjalan tertib dan aman. *** (mdk)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan