Riau

Dandim 0320/Dumai Irup HUT ke-73 TNI

Dandim 0320/Dumai Letnan Kolonel Inf Horas Sitinjak, S.I.P memotong tumpeng
DUMAI (MR) - Dalam memperingati HUT ke-73 TNI Tahun 2018 dilaksanakan upacara parade, syukuran dan tari kolosal semarak  menjamu laut bertempat dilapangan upacara Kodim 0320/Dumai pada 5 Oktober 2018 Jl. ST Syarief Kasim Kota Dumai. 
 
Kegiatan ini bertindak sebagai Irup Dandim 0320/Dumai Letnan Kolonel Inf Horas Sitinjak, S.I.P serta turut hadir Wawako Dumai Eko Suharjo, SE, Danlanal Dumai Diwakili oleh Kapten PM Nano Harsono, Dansatradar 232 Dumai diwakili oleh Kadisops, Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan S.I.K dan Kajari Dumai,.
 
Hadir juga, Kepala Pengadilan Dumai, Kepala Pengadilan Agama Dumai, Danden Arhanud Rudal 004 Dumai Mayor Arh Gede Henry Widyastana, GM. PT. Pertamina RU II Dumai, Kepala Security PT. Pertamina RU II Dumai, Para Pengusaha Kota Dumai, Tokoh Masyarakat serta Tamu undangan. 
 
 
Sedangkan Pasukan Upacara terdiri dari Kodim 0320/Dumai 2 SST, Kipan A Yonif 132/BS 1 SST, Denarhanud Rudal 004 1 SST, Lanal Dumai 1 SST, Satradar 232 Dumai 1 SST, Satpol PP 1 SST, Security  PT. Pertamina RU II Dumai 1 SST, Menwa STIA Lancang Kuning Dumai 1 SST, Pramuka SWK Kodim 0320/Dumai 1 SST dan SMK Perikanan Dumai 1 SST. 
 
Pada kesempanan ini Dandim 0320/Dumai Letnan Kolonel Inf Horas Sitinjak, S.I.P membacakan amanat Panglima TNI diantaranya menyampaikan pada kesempatan ini pula marilah kita sejenak mamanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar meringankan beban yang menimpa saudara-saudara kita di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong.  
 
TNI bersama-sama komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu membahu, berupaya meringankan beban yang diderita saudara-saudara kita.  
 
TNI telah mengerahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan, serta memulihkan saraan dan prasarana secara bertahap. 
 
Oleh karena sangat tepat apabila peringatan HUT ke-73 TNI tahun 2018 ini, mengambil tema profesionalisme TNI untuk rakyat. 
 
 
Tema singkat namun padat ini mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai pendidikan, latihan, persenjataan, alutsista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh negara, adalah semata-mata untuk seluruh rakyat. 
 
Dalam pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-73 TNI ini juga dilaksanakan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana kesetiaan yaitu Satya Lencana kesetiaan 24 tahun yaitu Jalasena Nararya, Satya Lencana kesetiaan kesetiaan 16 tahun dan Satya Lencana kesetiaan kesetiaan 8 tahun. 
 
Acara syukuran dengan dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh  Dandim 0320/Dumai Letnan Kolonel Inf Horas Sitinjak, S.I.P, Wawako Dumai Eko Suharjo, SE dan Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan S.I.K di berikan kepada perwakilan Prajurit TNI AD, AL dan AU. 
 
Kegiatan ini juga dimeriahkan Tari Kolosal Semarak Menjamu Laut yang merupakan tradisi khas Dumai yang biasa dilakukan di tempat pendaratan ikan bertempat di Kel. Purnama Kec. Dumai Barat Kota Dumai. 
 
Hal ini kita tampilkan untuk mengangkat budaya lokal dalam melestarikan budaya bahari, di tarikan oleh Siswi SMAN 1, SMAN 2 dan MAN Dumai dengan bimbingan Dandim 0320/Dumai, Penata tari Rahmat Febrianto dan Asisten Saudari Rahmatun Nisya. 
 
Pada kesempatan ini juga spontan dilakukan kegitan pengagalangan dana untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang berada di tertimpa musibah di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong.
 
Dana terkumpul sebanyak RP 24.020.000,- dan langsung diserahkan Dandim 0320/Dumai Letnan Kolonel Inf Horas Sitinjak, S.I.P serta didampingi Forkopimda Kota Dumai kepada Kepala Unit BRI Sukajadi Dumai Bapak Andre Dwi Mahardika dan kegiatan diisi dengan hiburan berupa panggung prajurit. (rls/BS)
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan