Riau

Panwascam Dumai Timur Dapati Dugaan Pelanggaran Kampanye

DUMAI (MR) - Dugaan Pelanggaran Kampanye terjadi lagi. Kali ini menjerat caleg Dapil 1 Dumai Timur, pelanggaran  itu berupa pelanggaran administrasi kampanye tanpa pemberitahuan sebagaimana ketentuan di PKPU No.23 tahun 2018 pasal 29 dan STTP.
 
Berawal dari info tim di lapangan pada hari Jum'at (5/10/2018) pihak panwascam Dumai Timur mendatangi salah satu rumah warga yang berdomisili di Jaya Mukti.
 
Disana pihak panwascam Dumai Timur mendapati terjadinya pengumpulan massa tanpa pemberitahuan dan ada penggunaan pengeras suara.
 
Setelah mendapat temuan ini panwascam Dumai Timur pun melayangkan surat pemanggilan untuk terduga pada hari senin agar terduga bisa mengklarifikasi temuan ini di hari Rabu (10/10/2018).
 
Pada saat klarifikasi terduga membantah sudah mengumpulkan massa, terduga juga mengatakan bahwasanya ia juga diundang untuk datang.
 
"Saya juga datang atas dasar undangan dari pihak tuan rumah," katanya.
 
Irma Leni selaku ketua panwascam Dumai Timur menambahkan, pada saat tim mendatangi rumah yang diduga tempat kampanye tersebut turut ditemukan Kartu nama caleg tersebut.
 
"Kita juga mendapati kartu nama caleg tersebut tapi kita masih mencari info terkait penemuan ini apakah dilakukan untuk kampanye terselubung atau memang untuk kebutuhan lainnya," tambahnya.
 
Ketua panwascam Dumai Timur ini juga mengatakan jika memang ada penyalah gunaan kartu nama caleg ini untuk kepentingan kampanye maka terduga caleg ini bisa dijerat pidana.
 
"Kita masih mendalami kegunaan kartu ini jika ada indikasi black kampanye maka akan kita jerat dengan pidana," imbuhnya.
 
Pada saat pemanggilan untuk klarifikasi, terduga sempat menolak untuk melakukan sumpah dengan al-qur'an.
 
Menurut Irma Leni terduga juga siap jika dimintai keterangan lebih lanjut mengenai perkara yang sedang dijalani terduga tersebut.
 
 
Penulis: Didin Marichan




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan