Riau

Rutan Dumai Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran

Rutan Dumai Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran
DUMAI (MR) - Rabu (17/10/2018) Rutan Dumai Bersama Damkar Dumai Menggelar simulasi pemadaman kebakaran yang dilakukan di halaman samping rutan tersebut yang mana Rutan ini terletak di jalan Pemasyarakatan Kelurahan Bumi Ayu.
 
Lebih kurang sebanyak 30 orang petugas lapas mengikuti pelatihan simulasi ini dan tak lupa juga para pejabat struktural Rutan IIB Dumai turut serta menyaksikan simulasi tersebut.
 
Mengawali Simulasi ini Rindra Wardhana selaku Kepala Rutan Dumai dalam sambutannya meminta agar pelajaran yang didapat pada simulasi ini bisa digunakan oleh Polsuspas (Polisi Khusus Lapas) dan CPNS Rutan IIB Dumai untuk menjaga situasi keamanan Rutan jika terjadi kebakaran nanti.
 
 
"Kita tidak meminta, namun jika terjadi hal seperti ini petugas yang di sini harus bisa mengendalikan situasi dan api demi keamanan bersama," katanya.
 
Bertindak selaku pemateri ialah Kepala UPT Pemadam Kebakaran Dumai Joni Arianto. Mengawali simulasi ini ia menerangkan pentingnya ketenangan dalam menghadapi situasi yang berbahaya ini.
 
Ia juga menjelaskan, pentingnya kesiapan peralatan-peralatan penunjang seperti APAR (Alat Pemadaman Api Ringan) guna untuk mengatasi jika ada kebakaran nanti.
 
 
"Selain kesiapan personil persiapan alat juga harus ada", jelasnya.
 
Pemaparan materi berlangsung lebih kurang tiga jam, seluruh peserta di perkenalkan dengan alat-alat pemadam api serta teknik-teknik dalam melakukan pemadaman dengan alat tersebut.
 
Setelah pemateri memaparkan kegunaan alat-alat tersebut maka dilakukanlah simulasi secara langsung oleh para peserta.
 
Namun sebelum simulasi tersebut dilaksanakan, dilakukan pula penyerahan piagam oleh UPT Damkar Dumai kepada Rutan IIB Dumai yang diterima secara langsung oleh Kepala Rutan Dumai.
 
 
Piagam tersebut sebagai bentuk apresiasi Damkar Dumai terhadap Rutan IIB Dumai atas terlaksananya simulasi pemadaman kebakaran ini.
 
 
Penulis: Didin Marichan
 
 
 
 
    




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan