Riau

Banyak OPD di Pemprov tak Ikuti Riau Expo

PEKANBARU (MR) - Banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemeritah Provinsi Riau  yang tak bersedia ikut meramaikan pelaksanaan Riau Expo 2018 yang sedianya digelar di kawasan Gedung Daerah Jalan Diponegoro, Sabtu (3/11/18) ini.
 
Keterbatasan anggaran ditengah krisis keuangan menjadi alasan utama. Bahkan diantara OPD ini mengaku lebih baik menjadi penonton saja, karena ketiadaan anggaran.
 
"Bukan tak mau ikut, bukan pula tak mendukung. Anggaran untuk stand itu tidak ada," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Darius Husein, Jumat (2/11/18).
 
Menurutnya, bagi instansi yang anggaran sudah tersedia tak masalah. "Kami dari mana, sekarang ini semuanya rasionalisasi," ungkap Darius.
 
Tak jauh berbeda, pejabat lainnya ini juga mengaku tidak bisa ikut meramaikan gelaran Riau Expo karena ketiadaan anggaran untuk melaksanakan kegiatan. Apalagi buntut rasionalisasi yang 'menyapu bersih' kegiatan di instansinya. 
 
"Kita cuma bisa berdoa, agar Riau Expo sukses. Kalau kami tak bisa, anggaran tak ada. Sekaranglihat, semua kena rasionalisasi," ujar pejabat yang enggan disebutkan namanya. 
 
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Riau Evarefita saat dikonfirmasikan mengakui cukup banyak OPD yang tak bisa ikut serta memeriahkan pelaksanan Riau Expo 2018. 
 
Menurutnya, hampir separuh dari OPD di lingkungan Pemprov Riau tak bisa ikut berpartisipasi. Stand yang sudah tersedia juga masih banyak kosong. 
 
Namun begitu, kemungkinan penambahan jumlah peserta akan terus ada, hingga menjelang dibukanya gelaran Riau Expo, besok malam. 
 
"Memang dari instansi pemerintahan ada yang tak ikut, mungkin hampir 50 persen. Tapi dari swasta banyak ikut, dari UKM juga," ujar Eva.
 
Seperti diketahui, Riau Expo dijadwalkan dibuka pada 3-9 November mendatang, dan secara resmi Riau Expo 2018 ini sudah di-launching pada Sabtu (13/10) lalu di Mal SKA Pekanbaru.
 
Tema Riau Expo 2018 yakni, Pictures of Riau 'Melalui Riau Expo Kita Tingkatkan Tujuan Investasi, Pariwisata, dan Perdagangan di Provinsi Riau'. Dari pagelaran ini biasanya, Riau Expo selalu diramaikan dan melibatkan seluruh dinas di lingkungan Pemprov Riau, dan instansi vertikal serta perushaaan. (MCR/mtr)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan