Ekonomi

UMKM Ingin 'Naik Kelas' Harus Punya Kemampuan Ini

Ilustrasi pelatikan para pelaku UKM.

MONITORRIAU.COM - Pemerintah terus berupaya untuk mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia untuk bisa naik kelas. Salah satu cara adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. 

Anggota Komisi VI DPR-RI Darmadi Durianto berpendapat, peningkatan SDM tersebut bisa digenjot dengan rajin menggelar pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha UMKM. 

“Masih banyak masalah yang dihadapi pelaku usaha UMKM, pelatihan kewirausahaan menjadi salah satu solusi terhadap permasalahan tersebut,” ujar Darmadi dikutip dari keterangan resminya, Sabtu 17 November 2018. 

Menurut Darmadi, pelatihan kewirausahaan sesuai dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan kemandirian bangsa dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dengan pelatihan, beberapa peningkatan skill dan semangat pelaku UMKM pun bisa digenjot. 

Ia menjelaskan, salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelaku UMKM adalah program Apps yang ada di smartphone. Program ini bisa membantu UMKM agar pencatatan akuntansi dalam meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan keuangan.

“Karena selama ini banyak UMKM yang belum memiliki catatan keuangan yang baik, sehingga ke depan bisa mengakses perbankan,” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, kepercayaan diri dalam berbisnis sangat penting bagi pelaku usaha yang wajib dijaga betul, sehingga usahanya dapat menjadi besar.

“Humas skill penting untuk menjaga pelanggan, dan memberikan perhatian lebih juga penting, sehingga kesetiaan pelanggan akan meningkat, pelanggan harus dikelola dengan baik dengan memberikan insentif dan surprise,” tuturnya.

Selanjutnya, menurut dia, UMKM perlu memiliki konsep visi ke depan. Sebab, tidak sedikit usaha besar berangkat dari usaha kecil.***




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan