Galeri Foto

Bupati Inhil Turut Meriahkan Haul Syekh Abdurrahman Siddiq Ke-80

SENIN, 1 MAI 2017
 
TEMBILAHAN (MR) - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menghadiri haul Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syeikh M Afif Al-Banjari ke-80 di Kampung Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra), Senin (1/5/2017).
 
Disamping itu, haul juga dihadiri oleh Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Unsur Forkompinda Inhil, sejumlah pejabat serta ribuan masyarakat dari berbagai wilayah.
 
“Salah satu wujud dari penghargaan terhadap Syeikh Abdurrahman Siddiq tersebut diberikan terhadap karya-karyanya yang dikemas dalam berbagai bentuk buku, syair dan lain sebagainya. Kita ketahui, buku karya Syeikh Abdurrahman Siddiq saja yang tercatat ada sekitar 12 buah. Belum lagi buku lainnya yang tidak teridentifikasi,” kata Wardan.
 
Ditambahkan, almarhum tersebut merupakan seorang ulama besar yang karismatik dan cerdas yang telah banyak memberikan kontribusi kepada ummat, salah satunya melalui karya-karya yang diciptakan dan hingga saat ini masih diadopsi dan diterapkan oleh banyak ummat muslim.
 
“Salah satu karya Syeikh Abdurrahman Siddiq yang tersohor adalah syair ‘ibarat kabar kiamat’. Dalam setiap even kegiatan Kabupaten, Pemerintah Kabupaten senantiasa memperlombakan syair tersebut. Sebab, dalam syair, banyak sekali pesan, mengingatkan kita sebagai umat untuk mempersiapkan diri akan kedatangan hari kiamat,” pungkasnya.
 
Sementara itu, Ketua Panitia Haul Syeikh Abdurrahman Siddiq Ke-80, DR HM Ali Azhar mengungkapkan, dalam penyelenggaraan kegiatan haul ini, terdapat sejumlah kontribusi yang diberikan oleh berbagai pihak, baik dalam wujud materiil maupun non-materiil.
 
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut membantu mensukseskan penyelenggaraan Haul kali ini. Ini artinya, masih terdapat kepedulian yang besar terhadap Mufti Kerajaan Indragiri, Syeikh Abdurrahman Siddiq,” katanya.
 
Ali Azhar, juga berharap mendapat bantuan dari pemerintah daerah guna pembangunan beberapa  fasilitas untuk mengakomodir kehadiran para jema’ah yang hadir dalam Haul Syeikh Abdurrahman Siddiq setiap tahunnya.
 
“Masih banyak sekali yang perlu dibenahi kedepannya. Seperti halnya, infrastruktur jalan dan dermaga yang setiap tahunnya senantiasa dipadati oleh para jema’ah yang berkunjung,” tutupnya.(mir)

Bupati Inhil, HM Wardan saat menyampaikan kata sambutan

Bupati Inhil HM Wardan mendampingi Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman yang turut menghadiri haul Syekh Abdurrahman Siddiq ke-80

Bupati Inhil HM Wardan bersama Gubri membaca khusyuk salah satu buku karya Syekh Abdurrahman Siddiq

Bupati Inhil HM Wardan bersama Gubri dan jamaah berziarah ke makan Syekh Abdurrahman Siddiq.

Tampak hadiri Sekda Provinsi Riau Ahmad Hijazi duduk bersamaan dengan para jamaah lainnya.

Para jamaah haul Syekh Abdurrahman Siddiq dalam Mesjid di Kampung Hidayat

Di luar Mesjid, ribuan jamaah dari berbagai daerah turut memadati arena haul Syekh Abdurrahman Siddiq

Para jamaah tampak serius mendengarkan pemaparan dari Bupati Inhil HM Wardan

Ketika Bupati Inhil HM Wardan (belakang) baru tiba di lokasi acara menggunakan Sepeda Motor dari pelabuhan Kampung Hidayat

Ketika Gubri H Arsyadjuliandi Rachman (belakang) baru tiba di lokasi acara menggunakan Sepeda Motor dari pelabuhan Kampung Hidayat.