Galeri Foto

Bupati Siak dan Sekda Rohil Hadiri Bakar Tongkang di Batam

RITUAL Bakar Tongkang atau dikenal juga sebagai Upacara Bakar Tongkang adalah sebuah ritual tahunan masyarakat Tionghoa di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provibsi Riau yang telah terkenal di mancanegara.
 
Ritual Bakar Tongkang ini masuk dalam kalender visit Indonesia. Setiap tahunnya ritual ini mampu menyedot wisatawan dari mancanegara dan sumber pariwisata utama di daerah itu.
 
Ternyata di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ada ritual serupa. Ritual bakar tongkang yang dilakukan di Vihara Cetya Upo Sakadharma.
 
Ritual bakar tongkang yang dilakukan di Vihara itu dilaksanakan Minggu (29/7/2018) di Komplek Pantai Permata Baloi Kota Batam.
 
Luar biasanya ritual ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Siak Provinsi Riau, Syamsuar dan Bupati Kabupaten Rohil, Provinsi Riau yang diwakili Sekda Rohil Surya Arfan.
 
Selain itu hadir pula Anggota DPRD Kepulauan Riau Asmin Patros dan Ketua Ikrohil Batam, H Makmur. 
 
Ketua Panitia ritual bakar tongkang, Asiong dalam sambutannya berterima kasih atas kehadiran para tamu undangan dan masyarakat tionghoa Batam serta tuan rumah. 
 
"Terima kasih atas kehadiran seluruh tamu undangan. Pelaksanaan bakar tongkang ini sama dengan yang di Rohil dan ini sudah ke 22 tahun," kata Asiong.
 
Sementara itu Bupati Siak Syamsuar yang juga sudah menjadi Gubernur terpilih Provinsi Riau dalam sambutannya mengatakan pembakaran tongkang yang dilaksanakan di Kota Batam ini bisa meningkatkan hubungan antara Provinsi Riau dan Provinsi Kepri.
 
"Dengan ini kita bisa menjalin kerja sama dalam hak pariwisata dan bisa saling tukar informasi antara Riau dan Kepri ini," pungkasnya. ***
 
 
Narasi & Foto: Agung

Ritual Bakar Tongkang di Vihara Cetya Upo Sakadharma Kota Batam

Bupati Siak Syamsuar, Sekda Rohil Suya Arfan, Ketua Ikrohil H Makmur, Ketua Panitia Bakar Tongkang Asiong, berfoto bersama tokoh masyarakat Tionghoa Kota Batam di acara pembukaan

Pembakaran Tongkang dilakukan tepat pukul 18:30 WIB di Vihara Cetya Upo Sakadharma

Bupati Kabupaten Siak Provinsi Riau, Syamsuar menyampaikan kata sambutan

Foto bersama masyarakat tionghoa dan Bupati Siak serta Ketua Ikrohil H Makmur di depan Tongkang yang hendak dibakar

Sekda Kabupaten Rohil, Provinsi Riau Surya Arfan sampaikan sambutan