Pastikan Angkutan Laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 Aman

KSOP Dumai Lakukan Uji Kelaiklautan Kapal Penumpang

DUMAI (MR) - Dalam rangka persiapan penyelenggaraan angkutan laut sempena perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru), Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai melaksanakan uji kelaiklautan kapal penumpang di pelabuhan penumpang Pelindo I Cabang Dumai, Jalan Datuk Laksemana, Kecamatan Dumai Timur.

"Mengawali persiapan penyelenggaraan angkutan laut sempena perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru), kita melakukan uji kelaiklautan kapal penumpang," sebut Kepala KSOP Kelas I Dumai, Sanggam Marihot melalui Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Capt. Yuzirwan kepada wartawan, Senin (17/12/2018).

Dia menyampaikan pelaksanaan uji kelaiklautan kapal penumpang tersebut tertuang dalam Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor UM.008/84/3/DJPL-18 tertanggal 5 Oktober 2018 tentang Pemeriksaan Kelaikalutan Kapal Penumpang dalam rangka Angkutan Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019, yang ditujukan kepada seluruh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama, Kepala Kantor Pelabuhan Batam, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP).

"Adapun dalam laporan uji kelaiklautan kapal penumpang yang disampaikan harus berisi nomor registrasi kapal, nama marine inspector penanggungjawab dan tanggal pengujian serta catatan pemeriksaan yang harus ditindaklanjuti," terangnya.

Selain itu, lanjut Yuzirwan, untuk menjamin kepastian keselamatan dan keamanan, KSOP juga melakukan monitoring secara terus menerus terhadap kapal penumpang.

"Guna menjamin kepastian keselamatan dan keamanan para pengguna jasa transportasi laut, kami melakukan monitoring secara terus menerus terhadap kapal-kapal penumpang sampai dengan batas akhir Posko Angkutan Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019," imbuhnya.

Menurutnya, pemeriksaan kelaiklautan kapal menjadi prioritas bagi Kementerian Perhubungan dalam mempersiapkan penyelenggaraan angkutan laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 agar masyarakat dapat menggunakan jasa transportasi laut dengan aman, selamat, tertib dan nyaman.

"Kegiatan yang kami lakukan bertujuan untuk memastikan aspek standar kelaiklautan kapal dan keselamatan pelayarannya terpenuhi," tukas Yuzirwan seraya menambahkan, uji kelaiklautan ini tidak hanya dilakukan menjelang angkutan laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 saja atau hari-hari besar lainnya, tapi dilakukan secara berkala. (*)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan