Dumai 1,5 Hektare

Awal Tahun 2019, 66,5 Hektare Lahan Gambut di Riau Terbakar

PEKANBARU (MR) - Minggu pertama di tahun 2019, kebakaran lahan dan hutan (karlahut) kian bertambah. Hingga Selasa (8/1/2019), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mencatat, 66,5 hektare lahan terbakar.

Karlahut terdapat di sejumlah daerah di Riau awal 2019. Kebakaran terluas terdapat di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

“ Lahan terbakar paling luas di Rohil, yaitu 40 hektare. Lahan terbakar tanah gambut,” sebut Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, kepada wartawan, Selasa kemarin.

Selain di Rohil, karlahut juga terdapat di Kabupaten Bengkalis dan Kampar serta Kota Dumai.

“ Di Kabupaten Bengkalis ada sekitar 10 hektare yang terbakar. Kemudian Kampar 14 hektare dan Kota Dumai 1,5 hektare," sebut Edwar.

Lahan yang terbakar, rata-rata merupakan tanah gambut, sehingga tim di lapangan cukup kesulitan mematikan api. Tim gabungan, seperti TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, dan masyarakat peduli api (MPA), diturunkan untuk melakukan pemadaman.

“ Petugas berjibaku mematikan api dan cukup sulit, karena asap cukup tebal ditambah tiupan angin kencang,” ucap Edwar.

Menurutnya, dengan kondisi saat ini, secara umum wilayah Riau dalam kategori aman dari karlahut. Meski demikian, di wilayah tengah, pesisir timur, dan sebagian wilayah barat Riau, mudah terbakar sehingga perlu diantisipasi.

“ Memang wilayah tersebut termasuk kategori mudah hingga sangat mudah terbakar. Ini yang akan terus kita cegah,” tegas Edwar.

Namun, dengan munculnya karlahut di awal tahun ini, Pemerintah Provinsi Riau belum menetapkan status siaga darurat karlahut, karena masih mempertimbangkan.

“ Masih dipertimbangkan. Karena kita harus berkoordinasi dengan berbagai pihak terlebih dahulu. Misalnya, BMKG dan Pemprov Riau untuk penetapan status,” tukas Edwar Sanger.

sumber : kompas.com




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan