Nasional

Jusuf Kalla: Alasan Penggantian Sutiyoso Tak Bisa Diungkapkan

MONITORRIAU.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan posisi Kepala Badan Intelijen Negara tidak ditentukan berapa lama masa jabatannya. Sehingga bisa diganti kapan saja. Kalla mengatakan, jabatan Kepala BIN memang ada yang lama tetapi ada juga yang hanya sementara, termasuk masa jabatan Kepala BIN saat ini Sutiyoso.

"Sesuai pertimbangan bapak Presiden ini perlu diganti atau tidak, itu hak preogratif Presiden. Kalau beliau memandang perlu, ya alasannya nggak bisa diungkapkan," kata Kalla, dalam keterangan pers di Kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat, 2 September 2016.

Dia mengakui banyak pertimbangan yang mungkin diambil sehingga mengganti Sutiyoso termasuk soal usia. Namun, lanjut Kalla, semua tergantung dari pertimbangan Presiden.

"Jadi tidak punya alasan yang dapat dikemukakan tapi ini merupakan keputusan bapak Presiden," kata Kalla.

Sebelumnya, pada Jumat pagi ini Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengirimkan surat ke DPR terkait posisi Kepala BIN yang baru. Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan diajukan Presiden Joko Widodo menggantikan Sutiyoso.

Setelah ini maka melalui Badan Legislatif (Baleg), akan dilimpahkan ke komisi terkait yakni Komisi I untuk dilakukan fit and proper test. Dewan hanya memberi pertimbangan, tidak berhak menolak atau menerima usulan Presiden tersebut.*** (viva.co.id)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan