Tingkatkan Kualitas Kesehatan

Pertamina Gelar Pengobatan Gratis di Kelurahan Tanjung Palas

DUMAI (MR) - Wujud kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, PT Pertamina (Persero) kembali gelar pengobatan gratis di Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur.
 
Kegiatan ini menyusul penyelenggaraan perdana pemeriksaan kesehatan pada November 2018 dan melibatkan tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Pertamina Dumai. 
 
Bertempat di kantor Lurah Tanjung Palas, Rabu (16/01), kegiatan yang terbuka bagi warga Tanjung Palas yang merupakan Ring I dari Kilang Pertamina Dumai ini dibuka langsung oleh Unit Manager Comm., Relations & CSR Pertamina RU II Muslim Dharmawan, Lurah Tanjung Palas Anggi Sukma Buana dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tanjung Palas Suhanto. 
 
Muslim Dharmawan disela-sela kegiatan menyatakan, program pemeriksaan kesehatan gratis ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pertamina kepada masyarakat Dumai khususnya Tanjung Palas sekaligus menjadi dukungan Pertamina terhadap program pemerintah dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. 
 
Selain itu, dengan hadir di tengah-tengah masyarakat, Pertamina menjadikan program ini sebagai ajang untuk silaturahim dengan warga sekitar kilang. 
 
"Alhamdulillah sesuai dengan rencana program yang akan dijalankan 2 bulan sekali, pada Januari ini pemeriksaan kesehatan gratis dapat kembali terlaksana. Harapannya, program ini dapat memberikan ruang bagi warga sekitar untuk memantau sekaligus mengkonsultasikan kondisi kesehatan mereka", ungkap Muslim. 
 
Lebih lanjut Muslim menjelaskan pada penyelenggaraan kedua ini pihaknya menargetkan 500 warga yang mengikuti pemeriksaan kesehatan. Namun demikian, apabila target tak tercapai justru menjadi penanda kondisi kesehatan masyarakat yang sudah dalam kondisi prima. 
 
"Target kami 500 orang. Kalau kurang dari itu justru bagus. InsyaAllah menjadi indikator kondisi kesehatan masyarakat yang relatif prima", imbuh Muslim. 
 
Siti Aminah (40 tahun) salah satu peserta menyatakan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan ini. Selain dekat dari kediamannya, dengan sistem pemeriksaan yang relatif mudah, ia tak harus mengantri lama dari awal pendaftaran hingga pemeriksaan dilaksanakan. Ditambah lagi dengan sistem bebas biaya yang diterapkan. 
 
"Alhamdulillah pelayanan di posko ini sangat baik. Gratis dan cepat pula", Kata Siti Aminah. 
 
Muslim menambahkan merujuk pada hasil pemeriksaan gratis perdana pada November yang lalu, pihaknya mencatat sejumlah 467 warga Tanjung Palas yang memeriksakan diri. Jumlah ini dominan diisi oleh masyarakat pada rentang umur 20 hingga 44 tahun sebesar 31 % dengan hasil pemeriksaan tertinggi yakni tekanan darah tinggi. 
 
"Di setiap pemeriksaan kesehatan kami mengerahkan setidaknya 7 orang dokter dan 5 orang tenaga perawat. Selain pemeriksanaan kesehatan ke depannya kami akan laksanakan juga sosialisasi kesehatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat", pungkas Muslim.
 
 
Penulis : Dika CP




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan