Lingkungan

AAI Gelar Sosialisasi Budidaya Aren Sebagai Alternatif Cegah Karlahut, Dandim 0320/Dumai Turut Hadir

AAI Gelar Sosialisasi Budidaya Aren Sebagai Alternatif Pencegah Karlahut
DUMAI (MR) - Bertempat di jalan Bundaran Dumai, Minggu (27/1/2019), Asosiasi Aren Indonesia (AAI) menggelar Sosialisasi Budidaya Pohon Aren dan alternatif pencegah karlahut.
 
Sosialisasi yang berlangsung di Halaman kediaman Mbah Parto, Jayamukti ini diikuti oleh Eko Suharjo Wakil Walikota Dumai, Horas Sitinjak Dandim 0320/Dumai, Perwakilan Kapolres Dumai Zam Zami, Pejabat Daerah, Ormas dan Babinsa.
 
Selaku ketua AAI Sukiman mengatakan, Aren merupakan salah satu pohon yang cocok untuk ditanam di Dumai karena selain mempunyai nilai ekonomis ia juga menyampaikan bahwa aren bisa mencegah karlahut.
 
 
Dikarenakan, aren bisa menyimpan cadangan air maksimal sebanyak 200 liter sehingga walaupun musim kemarau tanah yang ditanami aren tetap lembab.
 
"Aren bisa menyimpan cadangan air sampai 200 liter, cadangan air ini didapat ketika musim hujan datang, sedangkan di musim kemarau aren akan melepaskan air-air tersebut sehingga tanah yang ditanami aren akan tetap terus menjadi lembab," sampainya.
 
Dikatakan sukiman lagi, untuk saat ini pohon aren yang sudah ditanam di Dumai sebanyak empat ratus pohon dan masih ada sekitar tiga ribu bibit lagi yang masih ada.
 
"Untuk Dumai kita sudah menanam sebanyak 400 pohon aren dan masih ada 3000 bibit lagi yang masih standby," katanya.
 
Dandim 0320/Dumai Horas Sitinjak yang juga selaku satgas pencegahan karlahut mendukung program AAI ini, selain untuk kelangsungan dan kemajuan ekonomi khususnya di Dumai, aren nampaknya juga bisa menjadi tanaman alternatif pencegahan karlahut.
 
 
"Kami dari Kodim 0320/Dumai sangat mendukung program AAI ini dan jika dibutuhkan, kami siap membantu AAI," sampainya.
 
Sosialisasi ini dibuka oleh Wakil Walikota Dumai Eko suharjo, dalam sambutanya ia pun akan mendukung program yang dicanangkan oleh AAI.
 
"Saya sangat mendukung canangan dari AAI ini," ujarnya.
 
Sosialisasi ini mendatangkan pemateri yang sudah berpengalaman dalam bidang budidaya pohon aren tersebut. Pilot sapaan akrab pemateri yang datang dari Sumatera Utara.
 
 
Selain melakukan sosialisasi, kegiatan ini juga turut diramaikan dengan pembagian bibit aren gratis, sebanyak 600 bibit dan juga Donor Darah gratis serta pengundian doorprize berupa kulkas, mesin cuci, televisi serta hadiah-hadiah menarik lainnya.
 
 
Penulis : Didin Marichan
Foto       : Man KpK




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan