Daerah

Harga Ikan di Batam Mencekik

Foto ilustrasi
BATAM (MR) – Hampir sebulan ini nelayan di Batam dan pulau-pulau terdekat tak melaut. Angin musim utara dan gelombang tinggi memaksa para nelayan tersebut memilih menambatkan pompongnya karena kalau dipaksakan risikonya besar.
 
Jarangnya nelayan yang melaut saat ini berimbas pada harga ikan yang melambung tinggi. Begitupun stok ikan juga menipis. Tak melautnya para nelayan ini berimbas langsung pada pendapatan mereka.
 
”Jangankan melaut. Kami tak berani ambil risiko di laut. Arus laut, ombak dan angin masih kencang,” ujar nelayan Pulau Buluh, Ruslan.
 
Pantauan di sejumlah pasar basah, harga ikan rata-rata sudah tembus di atas Rp 35 ribu per kilogram (kg)-nya. Bahkan beberapa jenis ikan seperti selar sudah tembus Rp 55 ribu per kg.
 
”Masih tinggi karena pasokan ikan di Batam itu didatangkan dari luar daerah,” ujar pedagang ikan di pasar Sagulung, Alfan, Jumat (1/2) siang.
 
Ikan sendiri sudah dua kali mengalami kenaikan harga selama sepekan ini. Harga normal biasanya Rp 25 ribu hingga Rp 28 ribu per kg, saat ini menjadi Rp 34 ribu hingga Rp 36 ribu per kg.
 
Situasi ini menyusahkan warga, khususnya ibu rumah tangga. Mereka harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk menyajikan lauk ikan bagi keluarganya.
 
”Kami ibu-ibu ini jadi pusing. Gimana tidak, semua harga sudah pada naik,” ujar pengunjung pasar Sagulung, Marlina.
 
Untuk menjaga agar keuangan yang ada mampu mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, mereka terpaksa memutar otak lebih keras lagi. Jika terdesak harus beli ikan, maka jumlah pembeliannya terpaksa dikurangi ataupun beralih ke lauk lain seperti tempe atau tahu.
 
”Tahu tempelah terpaksa. Ikan kemahalan,” ujar Arpiah, ibu rumah tangga lainnya. 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan