Daerah

Sempena HPSN 2019, Kodim 0320/Dumai Bersama TNI, Polri dan Pemko Dumai Gelar Karya Bakti

Kodim 0320/Dumai Bersama TNI, Polri dan Pemko Dumai Gelar Karya Bakti
DUMAI (MR) - Wujudkan Dumai Bersih, Komando Distrik Militer (Kodim) 0320/Dumai bersama TNI, Polri dan Pemerintah Kota melaksanakan Karya Bakti sempena Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 yang mengangkat tema 'Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai'.
 
Karya Bakti sempena HPSN tahun 2019 diawali dengan upacara yang dipimpin langsung Komandan Kodim 0320/Dumai, Letkol (inf) Horas Sitinjak, Kamis (21/2/2019) bertempat di Jalan Wan Amir KM.7, RT.7, Kelurahan Bukit Timah.
 
 
Tampak hadir mengikuti upacara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Satrio Wibowo, Kasatpol PP, Bambang Wardoyo, Danlanal Dumai yang diwakili Pas Op Lanal Dumai, Mayor Laut (kh), Zurahim, Kasat Sabhara dan peserta upacara dari unsur TNI, Polri, Pemerintah, Masyarakat, Mahasiswa serta pelajar yang ada di Kota Dumai dengan total personil gabungan sekitar 257 orang.
 
Dalam amanatnya, Komandan Kodim 0320/Dumai, Letkol (inf) Horas Sitinjak menjelaskan, Karya Bakti/Gotong Royong yang dilaksanakan ini dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019.
 
"Sejarah mengapa diperingatinya HPSN ini, karena belasan tahun lalu, tepatnya tanggal 21 Februari 2005, pukul 02.00 WIB, dimana tumpukan sampah yang berada di daerah Jawa Barat dengan ketinggian 60 meter dan kelebaran tumpukan sampah 200 meter menggulung dua desa. Akibat daripada itu juga menelan korban ratusan jiwa, tepatnya 157 orang dan luka-luka serta kerugian materil yang luar biasa. Oleh karena itu, Pemerintah sejak tahun 2005/2006 sampai dengan sekarang memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)," terang Horas.
 
 
Mengapa memilih Jalan Wan Amir sebagai pusat kegiatan Karya Bakti, menurut Dandim 0320/Dumai, karena Jalan Wan Amir salah satu wajah Kota Dumai (Jalan Lintas).
 
"Apabila kita lihat jalannya menuju ke pelabuhan Sri Junjungan, itulah wajah kita (Dumai,red) yang dilihat orang luar yang datang ketempat kita. Sedangkan wajah itu bisa kita lihat sekarang mulai kotor, mulai banyak sampah yang tidak pada tempatnya. Oleh karena itu, dihari yang baik ini (HPSN,red) mari kita bersama dan bekerjasama membersihkan sampah yang ada disepanjang Jalan Wan Amir," kata Horas.
 
Ia juga mengharapkan, karya bakti/gotong royong yang dilaksanakan ini bukan hanya sekedar kegiatan seremonial.
 
 
"Harapan kami, apabila Jalan ini sudah bersih, hendaknya kita pertahankan, kita jaga. Bukan hanya di Jalan Wan Amir, tetapi juga ditempat-tempat lain. Inilah perwakilan kita sebagai warga Dumai di wilayah Jalan Wan Amir. Ditempat kita masing - masing, mari secara sadar kita pula yang membersihkannya," ajak Horas.
 
Pantauan dilapangan, pelaksanaan Karya Bakti juga dimulai dengan penyerahan peralatan pembersihan sampah oleh Dandim 0320/Dumai, Letkol (inf), Horas Sitinjak.
 
Usai penyerahan peralatan, personil gabungan langsung menyisir Jalan Wan Amir. Pembersihan sampah disepanjang jalan itu pun dilakukan secara gotong royong. Satu persatu sampah diambil, baik dengan cara manual hingga alat berat.
 
 
Sampah dikumpul, selanjutnya diangkut menggunakan mobil sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai dan dibuang di Tempat Pembuangan Akhir Sampah. 
 
 
Penulis: Dika CP
 
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan