Peristiwa

Tambang Emas di Sulut Longsor, Satu Tewas Puluhan Orang Terjebak

JAKARTA (MR) – Tambang emas tanpa izin di Desa Bakan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara longsor, Selasa (26/2/2019) malam. Satu orang tewas dan puluhan orang diperkirakan masih terjebak di lubang tambang yang longsor.

Sejauh ini sudah 14 orang telah dievakuasi dari lubang galian. Mereka yang sudah dievakuasi satu di antaranya tewas dan 13 lainnya luka berat.

“Sampai Rabu (27/2/2019) pukul 05.00 WITA sudah berhasil dievakuasi sebanyak 14 orang dengan rincian satu orang meninggal dan 13 mengalami luka berat dan ringan,” ungkap Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

Longsor di lokasi penambangan liar itu terjadi pukul 21.00 WITA. Saat longsor terjadi puluhan orang ada di dalam lubang sedang menambang emas.

Sutopo menuturkan longsor dipicu oleh patahnya tiang dan papan penyangga lubang galian akibat kondisi tanah yang labil dan banyak lubang galian.

“Sejak menerima informasi dari masyarakat, BPBD Bolmong langsung berkoordinasi dengan Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polsek Lolayan dan Koramil Lolayan untuk melakukan evakuasi korban tertimbun material longsoran,” ujar Sutopo.

Sutopo berkata proses evakuasi masih terus dilakukan karena banyak korban tertimbun dan diperkirakan masih selamat. Proses evakuasi juga melibatkan masyarakat setempat dan penambang di sana.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan