Daerah

Dishub Dumai Gelar Razia Kelengkapan dan Keselamatan Truk Angkutan Barang

DUMAI  (MR) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai melalui Bidang Pengembangan dan Keselamatan (Penkes), Selasa (26/2/2019), melakukan razia dan penilangan terhadap sejumlah mobil angkutan ampas, bes dan cangkang yang menyalahi ketetapan keselamatan jalan, razia ini dilakukan di Terminal barang jalan Soekarno-Hatta pukul 20.00 Wib.
 
Lebih kurang sekitar lima belas kendaraan yang menyalahi aturan Keselamatan ditilang oleh pihak Dishub.
 
Hal ini dijelaskan oleh kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Iskandar S.E, M.Si melalui Kepala seksi (Kasi) Penkes Adi Siswanto S.Sos, M.IP kepada monitorriau dan ia mengatakan bahwa mobil yang ditilang merupakan mobil yang belum memasang terpal penutup dan membawa muatan melebihi kapasitas mobil.
 
 
"Mobil yang kita tilang saat operasi razia saat itu adalah mobil yang tidak menggunakan tutup terpal dan mobil yang memuat barang melebihi kapasitas mobilnya," Kata Adi.
 
Razia ini dilakukan untuk memberi rasa nyaman kepada pengendara kendaraan yang lain, terutama kendaraan roda dua, karena seperti yang diketahui bahwa banyak cangkang dan ampas yang berserakan di jalan yang diakibatkan tidak ditutupnya mobil pembawa barang-barang ini dan membuat muatannya berserakan di jalan.
 
Adi juga menambahkan, bahwa kendaraan yang terjaring razia tersebut tidak ditahan, namun yang ditahan adalah surat-surat dan kelengkapan yang ada, untuk pengambilan surat tersebut dapat melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang sudah ditunjuk saat pemberian surat tilang.
 
"Untuk armada tidak kita tahan, namun surat-suratnya yang kita tahan dan untuk pengambilan surat tersebut dapat diambil kepada pihak yang sudah kita tunjuk sebelumnya," sampainya.
 
Kasi Penkes ini juga turut menghimbau, kepada seluruh pihak pemilik armada agar selalu memperhatikan kelengkapan keselamatan armadanya karena banyak pihak yang akan dirugikan jika barang muatan ini tumpah atau tercecer di jalan.
 
"Tolong pihak pemilik armada perhatian keselamatan armadanya, karena akan banyak pihak yang dirugikan jika barang muatannya tercecer dijalan," Tuturnya.
 
 
Penulis: Didin Marichan
Foto: Man KpK
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan