Peristiwa

Tak Ada Azan dan Sujud di Masjid Al Aqsa

YERUSALEM (MR) - Kumandang azan tak terdengar dari dalam Masjid Al-Aqsa. Tak terlihat pula sujud-sujud para jemaah di masjid tersebut saat waktu salat tiba. 
 
Selasa malam (12/3) itu, sejumlah warga Palestina mengumandangkan azan di jalan seiring ditutupnya kompleks Masjid Al-Aqsa oleh polisi Israel. 
 
Mereka juga melakukan salat di depan gerbang kompleks Masjid Al-Aqsa. Para jemaah itu berkumpul di Gerbang Al-Asbat, salah satu gerbang utama Al-Aqsa. Mereka tetap akan melakukan salat di luar gerbang sampai pihak kepolisian membuka kembali gerbang-gerbang Al-Aqsa. 
 
Kabar itu disampaikan Kantor Berita Palestina (WAFA).
 
Pada hari itu, polisi Israel menutup gerbang-gerbang kompleks Masjid Al-Aqsa. Mereka juga menyerang para jemaah Palestina yang sedang beribadah. 
 
Pukulan, dorongan, bahkan tidak jarang tendangan dilayangkan kepada para jemaah. WAFA melaporkan dua orang terkena pukulan dan dilarikan ke rumah sakit, delapan orang juga ditahan, termasuk tiga perempuan.
 
Juru bicara Otoritas Wakaf Yerusalem Firas al Dibs mengatakan, Israel juga menyerang sejumlah tokoh agama, antara lain Direktur Masjid Al-Aqsa Omar Kiswani dan Sheikh Wasef al Bakri. Firas juga mengatakan, polisi Israel menangkap warga sipil. 
 
“Setidaknya lima warga Palestina ditangkap sebelum ditahan untuk penyelidikan lebih lanjut,” kata Faris seperti dilansir dari Al Jazeera, Selasa (12/3).
 
Sementara pada malam harinya, jemaah tetap menggelar salat Isya di pinggiran jalan tak jauh dari kompleks Masjid Al-Aqsa. Namun demikian, polisi Israel mengusir paksa para jemaah, tak jarang pengusiran tersebut disertai tembakan. 
 
Hal ini dilaporkan langsung oleh mitra Aksi Cepat Tanggap yang berada di Yerusalem lewat sejumlah rekaman video di lokasi kejadian.
 
Pemerintah Palestina pun mengecam tindakan represif Israel di situs-situs suci. Ketegangan Israel dan Palestina, khususnya di Yerussalem, meningkat pada beberapa bulan terakhir ini. 
 
Akhir Februari lalu, masyraakat Palestina dan Yordania memprotes penutupan Gerbang Al-Rahma. Sejak itu, otoritas Israel melarang sejumlah warga Palestina, termasuk pejabat agama, memasuki Al-Aqsa. 
 
Masjid Al-Aqsa atau Baitul Maqdis merupakan situs paling suci ketiga di dunia bagi umat Islam. (agung)


Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan