Daerah

Massa Kok Tong, Sejarah Dalam Satu Cangkir

BATAM (MR) - Ranto selaku manajer Massa Kok Tong Kota Batam menceritakan sejarah berdirinya kedai kopi Massa Kok Tong di kalangan masyarakat Tionghoa di Indonesia.
 
Usaha kedai kopi mulai dirintis sejak 29 Juni 1925 oleh seorang perantau dari negeri Tiongkok bernama Lim Tee Kee. Saat itu, dia masih berumur 17 tahun. Kedai kopi pertama terletak di Jalan Cipto No. 109/115, Pematangsiantar, Sumatra Utara dengan nama Heng Seng.
 
Demi mempertahankan kualitas, Lim Tee Kee sendiri memilah biji kopi pilihan, meracik, dan menggonseng hingga tahap menyeduh. Alhasil, Citarasa Klasik!
 
Setali tiga uang, pemikiran ini juga di resapi oleh generasi kedua, Lim Kok Tong. Pada tahun 1978 kedai kopi mulai dikelola oleh Lim Kok Tong. Dengan bekal filosofi mutu, tidak heran kedai kopi kemudian mengalami perkembangan pesat.
 
Demi mengakomodasi antuasiasme pecinta kopi dari berbagai kalangan, kedai kopi mengalami renovasi beberapa kali hingga membuka cabang baru di kota Siantar. 
 
Tidak berhenti di situ saja, pabrik pengolahan kopi pun didirikan sehingga kualitas kopi semakin terjamin. Sejalan dengan itu, Lim Kok Tong memutuskan mengganti nama kedai kopi menjadi Massa Kok Tong.
 
Seiring waktu, komitmen Massa Kok Tong akan kopi berkualitas juga turut “merantau”. 
 
"Berawal dari satu toko di Pematangsiantar, Massa Kok Tong kini hadir di Jakarta, Medan, Sibolga, Padang Sidempuan, Pekanbaru dan di Batam ini," tuturnya Ranto.
 
Kepada wartawan monitorriau.com Massa Kok Tong Batam yang berada di Komplek Windsor Phase 1 blok.3 nomor 8-9 Penuin, Batam ini menyediakan ruang VIP. 
 
"Harga secangkir kopi nikmat hanya Rp.10.000. Juga tersedia aneka makanan. Bagi yang ingin pesan bisa telepon ke nomor 085372954779 dan bisa kita antar sampai tujuannya," tutup Ranto. (agung)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan