Gunakan Siskeudes Versi Baru

Wabup Rohil Buka Pelatihan Kaur Keuangan Kepenghuluan

Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiludin berfoto bersama para narasumber BPKP RI perwakilan Riau dan Kadis PMD Rohil H Jasrianto S.Sos.
BAGANSIAPIAPI (MR) - Wakil Bupati Rohil Drs H Jamiludin,membuka Pelatihan Perencanaan Pembangunan Desa, yang di taja Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rokan Hilir, di aula Hotel Kesuma, Selasa (26/3) Bagansiapiapi.
 
Pelatihan ini di ikuti 173 Kaur Keuangan seluruh kepenghuluan di 18 Kecamatan se Kabupaten Rokan Hilir yang dilatih menggunakan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi baru atau versi 2.0. 
 
Adapun dasar kegiatan mengacu Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pedoman pembangunan Desa. 
 
Dalam sambutannya Wakil Bupati H Jamiluddin mengatakan pelatihan ini untuk menciptakan sumber daya Manusia (SDM) di semua Desa di Rohil yang diharapkan mampu berdaya guna.
 
Selain itu pelatihan ini bertujuan membuat perencanaan program dan kegiatan di setiap desa bukan mengumpulkan daftar keinginan masyarakat desa atau kepenghuluan, bukan pula membuat sekedar daftar usulan tanpa alasan yang logis. 
 
Sementara Kadis PMD Rohil H Jasrianto SSos mengatakan,pelatihan kepada para Kaur Desa ini, pihaknya menghadirkan narasumber dari BPKP RI perwakilan Riau.
 
"Mereka adalah narasumber yang sebenarnya dalam memberikan materi. Kaur keuangan juga sebagai operator. Makanya mereka lebih kita utamakan," kata Jasrianto.
 
Namun kata Jasrianto lagi, Siskeudes sudah diterapkan sejak awal dan seratus persen diterapkan, sekarang menggunakan Siskeudes baru. Untuk penerapan ini maka perlu dikumpulkan para Kaur Keuangan ini dengan cara tatap muka per kelompok. Guna menyamakan persepsi diseluruh kabupaten. 
 
"Tahun ini ada Siskeudes versi 2, secara tatap muka dilakukan pembinaan dan konsultasi mulai dari awal tahun. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para Kaur keuangan dalam mengelola pembangunan desa," pungkasnnya. (eka)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan