Dunia

Shah Rukh Khan Raih Gelar Doktor Kehormatan

Shah Rukh Khan
NEWDELHI (MR) - Megastar Bollywood Shah Rukh Khan mendapat gelar doktor kehormatan dari University Of Law, London, untuk Filantropi.
 
Kabar gembira itu diungkapkan Khan di akun media sosialnya. Khan mengunggah foto dari upacara penganugerahan itu dan diberi keterangan, “Terima kasih untuk kehormatan itu, University Of Law dan harapan terbaik kami untuk para lulusan. Ini akan mendorong tim kami di Meer Foundation untuk melawan keegoisan untuk berbagi lebih banyak.”
 
Meer Foundation yang didirikan Khan merupakan organisasi non-profit yang bekerja untuk pemberdayaan perempuan melalui berbagai proyek dan kolaborasi NGO. Meer Foundation juga bekerja membantu korban selamat serangan asam atau air keras.
 
Shah Rukh Khan menerima gelar doktor kehormatan itu dalam upacara wisuda yang dihadiri lebih dari 350 wisudawan.
 
“Saya yakin bahwa amal harus dilakukan secara diam dan dengan martabat. Seseorang tidak boleh bicara tentang tindakan amalnya karena itu akan kehilangan tujuannya. Saya memiliki keistimewaan untuk dapat menggunakan status saya sebagai warga publik untuk mendorong berbagai upaya yang dekat dengan hati saya,” ungkap pernyataan Khan pada kantor berita IANS.
 
Di masa sebelumnya, Khan pernah bekerja untuk kampanye kesadaran polio dan juga bersama Organisasi Kontrol AIDS Nasional. Dia juga terlibat dengan Make-A-Wish Foundation yang berdedikasi untuk perbaikan kualitas hidup anak-anak.
 
Lembaga amal yang didirikan Khan juga bekerja untuk membantu para pasien kanker. “Saya secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan pemberdayaan perempuan, rehabilitasi warga dan hak asasi manusia mendasar. Saya sangat yakin bahwa saya harus memberi kembali pada dunia yang telah memberi saya sangat banyak. Saya dengan rendah hati menerima gelar doktor kehormatan ini dan akan berterima kasih pada semua orang yang terlibat untuk memilih saya,” tutur Khan.
 
Khan pernah menerima gelar doktor kehormatan dari Maulana Azad National Urdu University, University of Edinburgh dan University of Bedfordshire. Itu artinya, gelar kali ini merupakan yang keempat kali diterimanya.
 
Selain itu, Khan juga pernah mendapat penghargaan Crystal Award atas kerjanya membantu para korban selamat dari serangan asam di Forum Ekonomi Dunia 2018 yang digelar di Davos.
 
Selama bertahun-tahun, Khan merupakan aktor yang sukses, produser film, host televisi, filantropis dan entrepreneur.
 
Khan oleh media dijuluki sebagai "Badshah of Bollywood", "King of Bollywood" dan "King Khan". dia telah membintangi lebih dari 80 film Bollywood dan memperoleh banyak penghargaan di dunia perfilman, termasuk 14 Filmfare Awards.
 
Kiprahnya dalam film membuat pemerintah India menganugerahkan padanya Padma Shri dan pemerintah Prancis memberi penghargaan Ordre des Arts et des Lettres dan Legion d'honneur.
 
Khan memiliki banyak penggemar di Asia dan diaspora India di penjuru dunia. Dilihat dari ukuran dan pendapatannya, Khan disebut sebagai salah satu bintang film paling sukses di dunia.
 
Dia memulai karir dengan tampil di beberapa serial televisi pada akhir 1980-an. Dia membuat debut Bollywood pada 1992 dengan Deewana. Di awal karirnya, Khan diakui atas perannya dalam sejumlah film antara lain Darr (1993), Baazigar (1993) dan Anjaam (1994).
 
Khan kemudian semakin terkenal setelah membintangi sejumlah film romantis, termasuk Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995), Dil To Pagal Hai (1997), Kuch Kuch Hota Hai (1998), Mohabbatein (2000) dan Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001).
 
Banyak film yang melibatkannya menampilkan tema-tema identitas nasional India dan terkait dengan para komunitas diaspora serta menampilkan keragaman gender, ras, sosial dan religius.
 
Di dunia filantropi, dia aktif menyediakan layanan kesehatan dan membantu para korban bencana. Oleh UNESCO, dia diberi penghargaan Pyramide con Marni pada 2011 karena mendukung pendidikan anak.
 
Dia juga sering masuk dalam daftar orang paling berpengaruh dalam budaya India. Pada 2008, Newsweek menyebutnya dalam daftar salah satu dari 50 orang paling berpengaruh di dunia.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan