Lingkungan

Dandim 0320/Dumai Meninjau Proses Pemadaman Hutan dan Lahan

DUMAI (MR) - Sebelum pemadaman dan pendinginan dilakukan, Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak menyempatkan sedikit waktu untuk memberikan petunjuk dan arahan kepada petugas pemadama Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), yang terdiri dari Anggota Kodimn 0320/Dumai, Anggota Kostrad, Polri, BNPB, Manggala Akni, Ormas pemuda Pancasila dan masyarakat.
 
Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak beserta petugas karlahut langsung melaksanakan pemadaman dan pendinginan dengan menggunakan 1 Unit mesin Merx Yamato dan 1 Unit mesin Max3 di beberapa daerah yang rawan kebakaran, Jum'at (12/4).
 
Selain melaksanakan pendinginan, petugas karlahut juga melakukan penyekatan basah, dengan tujuan untuk mengantisipasi  jika masih ada api tidak menembus kelahan lainya dan melebar.
 
Adapun kendalan yang dihadapi petugas yaitu, sumber air yang minim  serta parit yang tidak lebar dan panjang sehingga persediaan air terbatas.
 
Lahan yang terbakar kurang lebih sekitar satu Hektar ini, merupakan lahan gambut yang ditumbuhi oleh semak belukar yang merupakan jenis tumbuhan yang mudah terbakar.
 
Selain melakukan pemadaman dan pendinginan, Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak juga melakukan patroli dan pengecekan titik Hotspot secara terpadu setiap hari, guna memastikan tidak ada api atau asap yang muncul.
 
Dandim 0320/Dumai letkol Inf Horas Sitinjak mengingatkan kepada petugas karlahut dilapangan tetap solid dan menjaga sinergi.
 
"Saya berharap agar seluruh petugas dilapangan tetap solid dan saya juga turut menghimbau agar masyarakat di musim panas sekarang ini tidak membuka lahan dengan cara membakar serta jangan buang puntung rokok sembarangan," Ujarnya. (*)


Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan