FJPP

5 Kebiasaan Makan Siang Ini Ampuh Kurangi Kolesterol!

MONITORRIAU.COM – Bagaimana kebiasaan makanan siang Anda sehari-hari? Makan siang ini tentu menjadi waktu makan yang paling ditunggu-tunggu di tengah padatnya aktivitas harian, bukan?

Maka tidak heran jika makan siang kerap disiapkan dengan menu yang cukup lengkap untuk menggantikan energi yang sudah dipakai di awal hari, dan memenuhi kebutuhan energi untuk mendukung kegiatan di sisa hari.

Melihat hal itu, maka makan siang tentu menjadi satu kebiasaan makan yang baik untuk tubuh. Namun, ternyata kita juga masih bisa memaksimalkan manfaat makan siang untuk tubuh dengan lebih maksimal.

Ya, kita bisa memperoleh manfaat ekstra dari kebiasaan makan siang untuk kesehatan tubuh, yaitu untuk mengurangi atau membuang kolesterol di dalam tubuh. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Memilih menu makan siang bergizi lengkap

Salah satu cara menekan menu makan siang yang hanya tinggi kalori saja adalah dengan cara membiasakan mengonsumsi makan siang dengan menu yang bergizi lengkap.

Menu makan siang yang berlebihan cenderung disimpan di dalam tubuh dalam bentuk lemak yang bisa mengakibatkan penyimpanan kolesterol dalam tubuh meningkat.

Usahakan dalam piring makan siang Anda terdapat makanan berkarbohidrat, protein hewani rendah lemak, seperti daging ayam tanpa kulit atau daging merah yang rendah lemak, protein nabati, sayur dan buah dalam porsi yang cukup.

2. Pilihlah menu makan siang dengan metode masak rendah lemak

Hindari memilih menu yang disajikan dengan metode deep frying, bersantan, atau goreng tepung untuk semua jenis golongan makanan pada makan siang Anda.

Karena semua metode masak tersebut bisa meningkatkan asupan lemak dalam tubuh. Utamakan menggunakan metode rebus, kukus, panggang, bakar atau asap ketika makan siang.

3. Tidak memilih menu makanan cepat saji

Meskipun cara ini praktis dan dianggap mengenyangkan, namun Anda perlu menghindari memilih menu makan siang yang cepat saji. Karena cenderung disajikan dengan metode tinggi lemak, mempunyai banyak kalori yang kurang seimbang, dan penggunaan natrium yang tinggi.

4. Utamakan memilih minuman dari sayur serta buah alami

Selain dari menu sayur, Anda juga perlu meningkatkan asupan serat saat makan siang dengan memilih jus sebagai minuman utama. Pilihlah jus dari sayur, buah, atau kombinasi keduanya dari bahan baku yang masih segar.

5. Konsumsi yoghurt

Selain serat, tingkatkan pembuangan kolesterol dengan cara mengonsumsi yoghurt di sekitar waktu makan siang. Utamakan pilih yoghurt yang di dalam nya mengandung stanol sterol yang terbukti efektif dalam membuang kolesterol dari pencernaan.*** (viva




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan