Daerah

Menang di Kecamatan, Siswa SMPN 2 Singkep siap "Bertarung" FLS2N Tingkat Kabupaten

SINGKEP (MR) - Siswa SMPN 2 Singkep kembali terpilih dalam dua cabang perlombaan untuk mewakili Kecamatan Singkep, Singkep Selatan, dan Singkep Pesisir (Singselisir) pada ajang seleksi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019 untuk tingkat Kabupaten.

Keberhasilan ini disampaikan pihak SMPN 2 Singkep setelah diumumkannya hasil seleksi FLS2N tingkat Kecamatan Singselisir yang dilaksanakan di Kantor Korwil. Bidang Pendidikan Kec. Singselisir, Sabtu 10 Mei 2019.

FLS2N adalah salah satu wadah perlombaan berbagai jenis kesenian yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. FLS2N biasanya dilaksanakan setiap tahun dengan proses mekanisme berjenjang.Mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi, dan yang terkahir barulah tingkat nasional.

Menurut Eta Betsi Sanora BR Sinaga S.Pd., yang merupakan pembimbing FLS2N di SMPN 2 Singkep. Pada seleksi FLS2N 2019 tingkat Kecamatan Singselisir kali ini, dari beberapa jenis cabang perlombaan SMPN 2 Singkep hanya berhasil memenangkan dua cabang perlombaan saja. "Pertama pada cabang perlombaan Desain Poster, kemudian yang kedua cabang perlombaan Kreatifitas Musik Tradisional," Ujar wanita yang sering disapa Betsi ini.

Ditambahkan oleh Betsi, untuk cabang perlombaan Desain Poster sekolahnya diwakili oleh Mutiah Raihana Corana, yang merupakan siswa kelas VIII.

"Sedangkan untuk cabang Kreatifitas Musik Tradisional kemarin diwakili secara beregu yang berjumlah lima orang. Namun, pada perlombaan Kreatifitas musik tradisinoal kemarin tidak ada saingannya, sehingga tim dari SMPN 2 Singkep tersebut setelah tampil dan langsung ditunjuk untuk mewakili Kec. Singselisir di tingkat kabupatennya," Ungkap Betsi.

Ditambahkan Betsi, melihat masih adanya waktu sebelum tampil ditingkat kabupaten nanti, dirinya beserta Tim pembimbing sedang mempersiapkan siswa agar nanti dapat tampil maksimal.

"Mengingat masih ada waktu luang sebelum tampil di tinggkat kabupaten nanti, Kami tim pembimbing akan terus melakukan latihan dan persiapan yang matang. Mudah-mudahan nanti mereka sukses dan dapat mewakili kabupaten untuk tingkat provinsi," tambah Betsi.

Selain itu di tempat yang berbeda, Edi Marimin yang merupakan Dewan Juri pada seleksi Desain Poster FLS2N tingkat Kec.Singselisir, saat diwawancarai menjelaskan Desain Poster ini juga merupakan salah satu perlombaan yang dipertandingkan pada seleksi FLS2N. Menurutnya dalam seleksi FLS2N Desain

Poster yang dilaksnakan kemarin sebenarnya sangat berat bagi siswa tingkat SMP. "Menurut saya sebenarnya perlombaan ini sedikit berat bagi siswa di daerah kita khususnya bagi mereka yang masih dibangku SMP. Apalagi konsep desainnya harus dilakukan dengan menggunakan aplikasi photoshop dan coreldraw ayang ada pada PC atau Laptop. Tapi perlombaan ini harus tetap dijalankan karena merupakan struktur turunan Juknis FLS2N Nasional," Ujar Edi.

Kemudian Edi juga memberi apresisasi karena keinginan dan semangat atas ikut sertanya para pelajar dari beberapa sekolah yang telah berpartisipasi. "Saya sangat mengapresiasi semangat dan usaha dari setiap peserta yang tampil. Karena dengan segala keterbatasan ini, ternyata masing-masing peserta tetap berusaha tampil maksimal. Seperti yang telah dilakukan Mutiah Raihana Corona. Peserta dari SMPN 2 Singkep ini saya lihat dirinya sudah mampu menuangkan ide gagasannya dengan sentuhan coreldrawnya walaupun itu belum terlalu sempurna. Tapi ini merupakan kemampuan yang langka di daerah kita apalagi untuk anak seusianya. Jadi ini patut dibimbing terus oleh pihak sekolahnya agar lebih baik lagi," Ungkap Edi.

Selain itu, Waka. Kurikulum SMPN 2 Singkep Rita Apriza, S.Pd., dalam hal ini mengucapakan Tahniah bagi siswa SMPN 2 Singkep yang telah menang mengikuti Seleksi FLS2N tingkat Kecataman Singselisir tersebut. "Kami pihak SMPN 2 Singkep mengucapkan Taniah bagi guru pembimbing, siswa yang telah berhasil menang mengikuti seleksi FLS2N tingkat kecamatan ini.  Mudah2an dapat lebih giat lagi dalam berlatih sehingga nantinya bisa megharumkan nama sekolah dan mewakili Kabupaten Lingga di tingkat provinsi," ucap Rita.

"Selain itu kami juga mengapresiasi atas prestasi yang telah di berikan Mutiah Raihana Corana bagi SMPN 2 Singkep ini. Kemarin Mutiah juga sudah berhasil unggul di ajang OSN tingkat provinsi dan akan maju ke tingkat nasional. Sekarang Mutiah kembali berhasik mengharumkan nama SMPN 2 Singkep pada seleksi FLS2N tingkat Kecamatan Singselir utk mewakili di tingkat kabupaten. Ini sugguh prestasi yang patut kami apresiasi," Tutup Rita. ***


Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan