Daerah

GJ Siregar: UKW Itu Pengakuan Profesi Wartawan

GJ Siregar, Pimpinan Umum Monitorriau.com
DUMAI (MR) - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) adalah pengakuan berbentuk sertifikat untuk profesi wartawan dan media massa yang akan mempekerjakannya. 
 
Demikian disampaikan Pemimpin Umum Media online (siber) monitorriau.com, Ganda Jaya Siregar Selasa (14/05/2019).
 
"Dengan lulusnya seseorang dalam UKW artinya ia sudah mampu untuk melakukan hal-hal yang ada dalam dunia jurnalistik secara profesional," ujar Ganda.
 
Ganda mengakui sebagai pemimpin media massa ia serius untuk mendapatkan predikat profesional baik untuk kru redaksi maupun bagi perusahaan medianya.
 
"Saat ini media monitorriau.com sudah terverivikasi administrasi di Dewan Pers. Target kita secepatnya bagaimana bisa terverivikasi secara faktual," jelasnya. 
 
Upaya untuk terdaftar secara faktual sudah dilakukan Ganda dengan mengikutsertakan kru redaksinya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) agar memiliki sertifikat kompeten dari Dewan Pers.
 
 
Baru-baru ini 5 kru monitor telah lulus uji kompetensi dan terdaftar di dewan pers. Pertama Pemred Monitorriau.com Cipto S Piliang yang memperoleh UKW Utama.
 
Lalu ada redaktur senior Afran Arsan yang lulus UKW Madya serta Pimprus Hendry Toy Koeswoyo, Khalilla Dafri dan M Zainuddin yang lulus UKW Muda.
 
"Alhamdulillah kru kita 5 orang saat UKW PWI Riau angkatan ke XI, lulus semua, kedepan ada beberapa kru lagi yang akan diikutsertakan dalam UKW mendatang," jelasnya.
 
Wartawan senior Riau sekaligus Dirut Lembaga Pendidikan Wartawan PJC Pekanbaru, Drs Wahyudi El Panggabean M.H mengucapkan selamat atas lulusnya 5 kru monitorriau.com dan terdaftar di dewan pers.
 
"Selamat buat Cipto S Piliang dan Tulang Ganda Jaya Siregar atas predikat yg di raih. Itu tidaklah mudah," ucap mantan Wartawan Forum Keadilan ini.
 
Wahyudi juga mengaku bangga atas keinginan monitorriau.com menjadi media profesional dalam khazanah jurnalistik di negeri ini.
 
"Kru monitorriau yang pantang menyerah mulai dari owner sampai ke redaksi. Aku terus mengamatinya. Aamiinn ini luar biasa," pungkas sang guru besar jurnalistik. (*/MR)


Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan