Lingkungan

Titik Api di Riau, Terbanyak di Siak dan Inhil

PEKANBARU (MR) - Dibanding hari sebelumnya, hari ini hotspot (titik panas) di Provinsi Riau berkurang, namun masih tergolong banyak. Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, saat ini di Riau terdeteksi 42 hotspot.
 
"Berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua, hari ini titik panas di Riau turun drastis. Hari ini hanya 42 titik saja," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki.
 
Ia mengatakan, 42 titik panas tersebar di 5 wilayah yakni Siak 15 titik, Indragiri Hilir 14 titik, Kuansing 2 titik, Pelalawan 10 titik dan Rokan Hilir satu titik.
 
"Dari jumlah tersebut, 29 titik diantaranya dipastikan adalah kebakaran hutan dan lahan. Hal ini karena 29 titik tersebut memiliki level konfidence diatas 70 persen. Dengan level segitu, dipastikan itu adalah titik api," cakapnya.
 
Titik api paling banyak berada di Siak dan Indragiri yakni masing-masing 10 titik. Kemudian di Pelalawan 8 titik dan Rokan Hilir satu titik.
 
"Kita terus mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya Karhutla," pungkasnya.
 
Sebagai informasi adapun suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 45 – 95 persen. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 - 37 kilometer per jam.
 
Info tinggi gelombang untuk perairan di Provinsi Riau pada umumnya berkisar antara 0.2 - 1.0 meter.
 
 
Sumber: Cakaplah.com 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan