Berqurban Motivasi Diri Tingkatkan Kepedulian Sosial

Dandim 0320/Dumai Pimpin Pemadaman Karhutla di Dumai Barat

Dandim 0320/Dumai Pimpin Pemadaman Karhutla di Dumai Barat, Minggu (11/8/2019)

DUMAI (MR) - Komandan Kodim (Dandim) 0320/Dumai, Letkol (Inf) Horas Sitinjak, S.I P memimpin langsung pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Jl. Parit Delima, Kelurahan Bagan Keladi, Kecamatan Dumai Barat, Minggu (11/8/2019).

“Saya pimpin langsung karena api karhutla sudah mendekati perumahan warga,” ujar Horas.

Dandim 0320/Dumai menyebutkan, Kebakaran disebabkan adanya kemungkinan pemilik Lahan yang melaksanakan pembersihan lahannya dengan cara membakar (kejadian dua hari yang lalu) dan saat ini tersangka sedang diperiksa di Mapolres Dumai.

“Kerugian yang ditimbulkan lebih kurang 4 hektare Lahan terbakar di Jl. Parit Delima,” sebut Horas.

Dengan semangat pantang menyerah, (Minggu sore) api sudah berhasil disekat sehingga tidak menjalar ke rumah warga. Personil yang dikerahkan sebanyak 20 orang tim gabungan dari Kodim 0320/Dumai, Polres Dumai, BPBD Dumai  dan warga setempat.

Meskipun begitu, Dandim 0320/Dumai menegaskan agar Personel Satgas Karhutla yang tinggal di rumah warga untuk tetap waspada dan melaksanakan Patroli malam mengantisipasi Api hidup kembali.

“Ingat. Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut, api bisa hidup kembali dari bawah tanah,” pesannya.

Tak lupa, Horas juga mengingatkan kepada seluruh warga Dumai agar tidak ada kegiatan membakar lahan untuk tujuan membersihkan Lahan, karena musim kemarau dan angin kencang sehingga api cepat merambat, belum lagi kebanyakan lahan yang terbakar merupakan lahan gambut.

“Kepada pemilik lahan, jika melihat disekitarnya ada yang membakar, agar saling mengingatkan atau mencegah. Dan apabila sudah terbakar agar bersama - sama untuk memadamkan kebakaran tersebut,” harapnya.

Sebelum memimpin pemadaman Karhutla yang terjadi di Kecamatan Dumai Barat, Dandim 0320/Dumai, Letkol (Inf) Horas Sitinjak, S.I P menyempatkan diri untuk megikuti pelaksanaan qurban di Masjid Al-Firman Koramil 01/Kota Dumai.

Dimana pada Hari Raya Idul Adha 1440 H/ 2019 M, Masjid Al-Firman melaksanakan penyembelihan hewan qurban sebanyak 7 Sapi dan 2 Kambing.

“Jadikan makna dan esensi utama dari berqurban sebagai motivasi diri sendiri dalam meningkatkan kepedulian sosial kita tanpa memandang suku, bangsa maupun agama,” ajak Horas.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan