Parlementaria

Mampukah Palu Novliwanda Mengubah Nasib Rakyat?

Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri saat menyerahakan Palu kepada ketua DRD sementra Novliwanda saat paripurna pelantikan 45 Anggota DPRD Rohul periode 2019-2024

ROHUL (MR) - Legislator muda bernama Novliwanda akhirnya ditetapkan sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) periode 2019-2024 oleh DPP Partai Gerindra. 

Penetapan Novliwanda yang baru berusia 29 tahun itu begitu mengejutkan publik, khususnya masyarakat Rohul. Pasalnya, ketua DPC Rohul Partai Gerinda, H. Sukiman yang juga bupati Rokan Hulu, sebelumnya mengajukan nama Abdul Halim sebagi Pimpinan DPRD dan Patrun Rahman sebagi Ketua Fraksi ke DPP Gerindra.

Alhasil, usulan dari sang Ketua DPC Gerindra Rohul itu ternyata tidak membuahkan hasil. Faktanya, DPP malah memutuskan serta menunjuk Novliwanda  Ade Putra ST sebagai Ketua DPRD Rohul dan Abdul Halim sebagai Ketua Fraksi. Sedangkan nama Patrun Rahman tidak masuk dalam SK tersebut.

Padahal sebelumnya, posisi Ketua Fraksi tersebut dikabarkan dijabat Patrun Rahman, yang juga menjabat sebagai Bendahara Umum di DPC Partai Gerindra Rohul.

Kepastian penunjukan Novliwanda sebagai Ketua DPRD Rohul dan Abdul Halim sebagai Ketua Fraksi DPRD Rohul ini, dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) DPP Partai Gerindra nomor 08-0432/Kpts/DPP-Gerindra/2019, tentang Pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi DPRD Partai Gerindra Kabupaten Rokan Hulu periode 2019-2024, yang ditandatangani Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sekjen H. Ahmad Muzani, tanggal 27 Agustus 2019.

Dalam SK tersebut dijelaskan, Keputusan Penunjukan kedua nama tersebut didasari atas rekomendasi tim seleksi penetapan pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi DPRD Partai Gerindra serta Keputusan Rapat Ketua Dewan Pembina dengan tim seleksi penetapan pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi DPRD Partai Gerindra tangal 25 Agustus 2019.

Novliwanda yang saat ini menjabat sebagai pimpinan sementara DPRD Rohul turut membenarkan terkait sudah diterimanya SK penunjukan Ketua DPRD Rohul dari DPP Partai Gerindra tersebut.

“Alhamdulilah, kemarin (3 September, red) sudah kami terima SK penunjukan sebagai Ketua DPRD Rohul dari DPP Gerindra, dan langsung diserahkan kepada kami dan Pak Abdul Halim yang ditunjuk DPP Sebagai Ketua Fraksi DPRD Rohul,” ujar Novliwanda Rabu (4/9/2019) malam, via WhatShapnya.

Wanda mengaku siap menjalankan amanah yang diberikan Partai secara maksimal dan sebaik-baiknya. Meski diusianya yang baru 29 tahun dan relatif masih muda. 

“Ini pembuktian bagi saya. Sebagai perwakilan generasi muda yang memimpin lembaga DPRD yang memiliki dinamika beragam ini, tentunya dibutuhkan sinergi dengan anggota DPRD Rohul lainnya sehingga kami bersama-sama bisa memberikan warna di lembaga ini,” ucapnya.

Politisi muda ini menambahkan, sebagai fungsi penyelangaran pemerintah daerah bersama Pemkab Rohul, Wanda ingin memastikan lembaganya benar-benar memperjuangan hak masyarakat Rohul untuk bisa mendapatkan pendidikan berkualitas, pertumbuhan ekonomi yang baik, serta peningkatan kualitas taraf hidup bagi masyarakat.

Sementara ditempat terpisah, Warga Rohul, Eko (34) menyampaikan rasa bangganya atas dipilihnya Wanda sebagai Ketua DPRD Rohul periode 2019-2024 oleh DPP Gerindra. 

"Kita bangga ada politisi muda yang dipercaya memimpin lembaga DPRD Rohul. Dan berharap agar palu pimpinan itu berpihak kepada masyarakat serta mampu mengubah kehidupan masyarakat Rohul menjadi lebih baik, "harapnya, Kamis (5/9/2019).

Untuk diketahui, Pelantikan Ketua Dan Pimpinan DPRD Rohul sendiri akan dilakukan setelah seluruh partai mengirimkan rekomendasi  ke Sekretariat DPRD.

Dari 4 Partai yang akan menjadi pimpinan DPRD, baru Gerindra dan PAN yang sudah mengajukan rekomendasi. Sementara PDI-P dan Golkar saat ini masih berproses. (Ber)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan