Buka Stand di Dumai Expo 2019

PATELKI Tingkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Hidup Sehat

Ketua PATELKI DPC Dumai, Erika Johanna Tampubolon SKM memeriksakan kesehatan warga

DUMAI (MR) - Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) DPC Dumai membuka layanan pemeriksaan kesehatan di stand Dumai Expo tanggal 31 Agustus ampai dengan 05 September 2019 kemarin.

Titik lokasi stand yang berada di seberang panggung Dumai Expo memudahkan warga Kota Dumai datang dan berkunjung untuk memeriksakan kesehatanya seperti pemeriksaan gula darah, cholesteroldan asam urat.

Ketua PATELKI DPC Dumai, Erika Johanna Tampubolon SKM kepada monitorriau.com mengatakan tujuan dibukanya stand di Dumai Expo 2019 untuk memudahkan dan membantu  masyarakat kota Dumai mengetahui apa golongan darah mereka dan mengajak masyarakat untuk mandiri dalam menjaga kesehatannya.

"Salah satunya deteksi dini penyakit Diabetes Melitus, Kadar Cholesterol  dalam darah, dan deteksi dini penyakit Asam Urat pada masyarakat," kata Erika. 

Disamping itu, Patelki DPC Dumai mengajak masyarakat untuk lebih mengenal profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATML) dan sosialisasi Permenkes no. 42 tahun 2015 tentang Izin Praktek Ahli Teknologi Laboratorium Medik.

"Kita terangkan pada masyarakat, sebagaimana yang tertuang di dalam Permenkes no.42, terdapat sanksi bagi mereka yang melakukan praktek ATLM tanpa memiliki Surat Izin Praktek ATLM," jelasnya.

Erika berharap dengan adanya kegiatan PATELKI ini, masyarakat makin memiliki kesadaran dalam memeriksakan kesehatannya walaupun tanpa adanya gejala penyakit pada tubuh. 

Dalam hal ini, misalnya, deteksi dini Penyakit Tidak Menular, yang dapat dideteksi melalui pemeriksaan kadar Gula dalam darah, Asam urat, Cholesterol dan lain-lain yang mana secara legal yang diberi kewenangan untuk melakukan tindakan pemeriksaan tersebut adalah profesi ATLM. 

"Dimana saat ini masih banyak pelaku praktek ATLM yang bukan berprofesi sebagai ATLM di kota Dumai.  Masyarakat di kota Dumai khususnya, berhak mendapatkan pelayanan Laboratorium Medik yang dilakukan oleh ATLM yang tersertifikasi atau teregistrasi, dan memiliki SIP ATLM," ungkap Erika lagi. 

PATELKI DPC Dumai juga sudah beberapa kali mengajak Pemko setempat, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Dumai untuk bekerjasama dalam mengindahkan Permenkes no.42 tahun 2015. PATELKI siap menyediakan Tenaga ATLM untuk setiap Program Dinas Kesehatan Kota Dumai yang memerlukan tindakan Laboratorium Medik.

"Melalui kerjasama yang baik antara PATELKI dan Dinas Kesehatan Kota Dumai, diharapkan bisa meningkatkan pencapaian program Dinas Kesehatan Kota Dumai," tutupnya. ***




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan