Lingkungan

Untuk Mengatasi Minimnya Sumber Air, Team 9 Subsatgas IX Kodim 0320/Dumai Membuat Embung

DUMAI (MR) - Minimnya Sumber air dan tebalnya asap dilokasi kebakaran Hutan dan lahan(KARHUTLA), dijalan RT 12 Jln.Istiqomah ujung Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai tidak membuat patah semangat Team 9 Subsatgas IX Karhutla Kodim 0320/Dumai.

Dipimpin oleh Serka F.Purba mereka melakukan pemadaman dan pendinginan KARHUTLA yang terjadi Hari Kamis (12/9).

             
Team 9 Subsatgas IX Kodim 0320/Dumai  yang bertugas, dengan sikap yang extra berjibaku  memadamkan dan mendinginkan kurang lebih 1,5 Hektar lahan yang  terbakar.
              
Serka F.Purba mengatakan, kendala yang dihadapi dalam melakukan pemadaman dan pendingan adalah faktor ketersediaan  air.

Kendala yang terjadi ini ia laporkan Kepada Komandan Subsatgas IX KARHUTLA Letkol Inf Horas Sitinjak S.I.P. karna laporannya tersbut,  Komandan Susatgas IX KARHUTLA langsung melaksanakan koordinasi dengan Pemda Kota Dumai untuk  melakukan pembuatan embung dengan ukuran embung 3x4 meter dan mempunyai kedalaman 4 Meter serta melakukan penyekatan kanal dengan alat esxavator ditempat area tempat KARHUTLA tersebut.
  
"Semoga dengan adanya embung ini bisa lebih mudah untuk mendapatkan Sumber air yang mana saat ini kebutuhan air cukup banyak diperlukan saat Proses melakukan pemadaman KARHUTLA total sudah sekitar 14 embung kita buat," Ujarnya.

Serka  F.Purba bersama timnya akan terus meningkatkan Patroli dan Sosialisasi kepada semua pihak agar tidak membakar Hutan maupun Lahan

"Semoga Masyarakat paham akan danpak dari kebakaran Sehingga aksi bakar Lahan tidak ada lagi terjadi Khususnya di Kota Dumai,dan semoga embung ini nantinya bisa dimanfaatkan Masyarakat untuk penataan Ekosistem Gambut agar gambut tetap basah dikala Musim kemarau," Ujarnya. (rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan