Parlementaria

Tiga Pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan Diambil Sumpah dan Janji Jabatan

Pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPRD dipandu Wakil Ketua PN Pelalawan, Melinda Aritonang SH. MH

MONITORRIAU.COM - Jabatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan masa jabatan tahun 2014 - 2019 telah berakhir pada tanggal 27 Agustus 2019.

Untuk itu Sekretaris DPRD Kabupaten Pelalawan langsung menggelar Rapat Paripurna Pelantikan 35 anggota terpilih masa jabatan tahun 2019 - 2024 sekaligus penetapan pimpinan sementara, bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, Selasa (27/8).

Pimpinan DPRD Kabupaten  Pelalawan yang definitif merupakan suatu syarat yang terdapat di alat kelengkapan DPRD Kabupaten Pelalawan.

Setelah sempat menunggu hampir tiga minggu lamanya, akhirnya pimpinan sementara DPRD Kabupaten Pelalawan kembali menggelar rapat pengucapan sumpah dan janji pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pelalawan masa jabatan tahun 2019 - 2024, bertempat di Ruang Rapat Paripurna lantai II Gedung DPRD Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci, Senin (23/9).

Kali ini sumpah dan janji pimpinan dilakukan terhadap tiga orang yang terdiri dari satu ketua yang didampingi oleh dua orang wakil ketua.

Ketiga pimpinan tersebut yang diambil sumpah dan janjinya adalah Adi Sukemi ST MM yang berasal dari Fraksi Partai Golkar. Adi Sukemi ditunjuk sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan masa jabatan tahun 2019 - 2024.

Kemudian Syafrizal SE dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Wakil Ketua I dan Anton Sugianto berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN) menjabat Wakil Ketua II.

Anggota DPRD sedang mengikuti prosesi pengambilan sumpah dan janji Jabatan Pimpinan definitif DPRD Pelalawan

Pengambilan sumpah dan janji pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pelalawan di ruang rapat paripurna lantai II Gedung DPRD Kabupaten Pelalawan dihadiri oleh yang mewakili Gubernur Riau, Pimpinan dan Anggota DPRD Riau, Bupati Kabupaten Pelalawan HM Harris, Wakil Bupati H Zardewan, Sultan Pelalawan Asaidis Syarif Haji TengkuKamaruddin Haroen Tengku Besar Pelalawan, 35 Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan Tengku Mukhlis, Forkopimda Kabupaten Pelalawan, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se Provinsi Riau.

Dihadiri juga Tokoh Pendiri Kabupaten Pelalawan, Setdakab Pelalawan, Staf Ahli Bupati beserta Asisten Setdakab, Mantan Bupati, Wakil Bupati dan Mantan Setdakab Pelalawan, Setdakab Kabuoaten/Kota se Provinsi Riau, Pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Kabupaten Pelalawan, Ketua KPUD dan Ketua Bawaslu Kabupaten Pelalawan, Camat se Kabupaten Pelalawan, Pimpinan Perusahaan, organisasi politik dan sosial Kemasyarakatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat Alim Ulama, Cerdik Pandai juga para Undangan. 

Pengambilan sumpah dan janji pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan ini dilakukan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan Melinda Aritonang SH. MH.

Peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan masa jabatan 2019 - 2024 ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 165 ayat (5) yang menyebutkan pimpinan DPRD Kabupaten/Kota dimana sebelum memangku jabatannya pimpinan tersebut harus mengucapkan sumpah/janji yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri.

Inilah nama -nama pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan yang diresmikan dengan Keputusan Gubernur Riau Nomor : KPTS. 1028/IX/2019 Tanggal 19 September 2019.

Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi ST MM yang juga merupakan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pelalawan, ditunjuk berdasarkan surat rekomendasi dari DPP Partai Golkar. Lalu Wakil Ketua I Syafrizal SE yang juga adalah Ketua DPC PDIP Kabupaten Pelalawan, ditunjuk berdasarkan rekomendasi PDIP. 

Kemudian Anton Sugianto yang ditunjuk melalui rekomendasi PAN. Untuk Anton Sugianto menjadi anggota DPRD Kabupaten Pelalawan merupakan yang pertama. Begitu juga halnya menjabat sebagai Wakil Ketua.

Penandatanganan SK pimpinan dihadapan Wakil Ketua PN Pelalawan Melinda Aritonang SH. MH

Dalam pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan yang dibacakan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan Melinda Aritonang SH MH menyebutkan, janji dan sumpah yang saudara ucapkan bukan hanya kepada manusia tetapi kepada tuhan yang maha esa. 

"Ingatkah tuhan tahu apa yang ada di dalam diri maupun pemikiran saudara," kata Melinda Aritonang dengan suara yang cukup tegas dan keras.

Terlihat ketiga pimpinan tersebut ketika disumpah dan mengucapkan janji dilakukan secara agama Islam didampingi Kepala Kantor Urusan Agama Pangkalan Kerinci.

PIMPIN RAPAT PARIPURNA
Seusai disumpah dan pengucapan janji, ketiga pimpinan DPRD tersebut langsung menduduki kursi pimpinan di depan bersamaan dengan Bupati Pelalawan HM Harris untuk memimpin rapat paripurna DPRD Kabupaten Pelalawan.

Dalam tata tertib DPRD sebagai pimpinan yang baru, berkesempatan memberikan kata sambutannya.

Inilah sambutan perdana pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pelalawan yang baru, Adi Sukemi ST MM.

Dalam sambutan tertulisnya pimpinan DPRD mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan pemerintah atas kepercayaan yang diberikan untuk dapat duduk di kursi pimpinan legislatif ini.

Pimpinan definitif DPRD Pelalawan sedang memimpin Rapat Paripurna pengucapan sumpah dan janji pimpinan.

"Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh anggota DPRD terpilih juga warga masyarakat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan kepada kami untuk menjadi pimpinan DPRD," ujar Ketua DPRD Adi Sukemi.

Dijelaskan lagi olehnya, fungsi DPRD adalah Legislasi, anggaran dan pengawasan. Untuk itu dibutuhkan saling pengertian dan kerjasama yang baik diantara kedua belah pihak dengan tujuan yang sama.

"Tentu, dengan adanya ikatan saling mengerti akan akan menghasilkan kesejahteraan kehidupan masyarakat sesuai visi dan misi yang ada," jelasnya.

Terkait dengan pemerintahan daerah, bagi DPRD posisi Kepala Daerah dan DPRD adalah setara dan memiliki hubungan kerja yang bersifat kemitraan.

"Jadi secara operasionalnya kita adalah mitra kerja dalam membuat kebijakan daerah dalam membuat kebijakan dan penyelengaraan oemerintah sesuai dengan kewenangan dan fungsi masing-masing," terangnya lagi.

Masih menurut Adi Sukemi, tanggung jawab yang diemban DPRD adalah melakukan pengembangan kehidupan demokrasi, menjamin keterwakilan rakyat dan daerah dalam melaksanakan tugas dan kewenangan. Selain itu mengembangkan hubungan nekanisme chek and balance serta meningkatkan kualitas produktifitas dan kinerja.

Anggota DPRD sedang mengikuti rapat paripurna pengucapan sumpah dan janji pimpinan

"Semua ini demi keadilan dan kesejahteraan rakyat kabupaten Pelalawan," ungkapnya.

Semua ini dikarenakan DPRD itu merupakan salah satu pelaksana otonomi daerah. "Namun bukan berarti memiliki kebebasan dalam membuat oeraturan, karena masih di atasi oleh undang-undang,"jelasnya.

Oleh karena itu setiap gerak dan langkah sebagai anggota DPRD selalu menjadi pusat perhatian masyarakat. Dan itu merupakan hal yang wajar karena merupakan representasi dari masyarakat dan rakyat di kabupaten ini. "Jabatan itu pada dasarnya adalah amanah yang tercermin dari adanya tunjuk ajar yang mempunyai sifat iman dan taqwa, sifat terpercaya, tahu tanggung jawab, jujur dan setia," ungkapnya lagi.

Diakhir sambutannya Ketua DPRD yang juga merupakan anak dari Bupati Pelalawan HM Harris ini meyebutkan bahwa masih ada pekerjaan yang sudah menunggu mereka berupa pembahasan APBD tahun anggaran 2020.

"APBD ini harus sungguh-sungguh mendapatkan perhatian dan pemikiran kita bersama agar fokus pada program yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan rencana strategis yang telah disepakati bersama," katanya seraya menambahkan bahwa dengan telah ditetapkan nya pimpinan dan juga pimpinan fraksi maka DPRD sudah bisa memulai kerja dengan secepatnya menggelar rapat pembentukan alat kelengkapan dewan yang lainnya.

BUPATI UCAPKAN SELAMAT
Bupati Pelalawan HM Harris dalam sambutan di depan pimpinan dan seluruh anggota DPRD juga undangan menyampaikan ucapan selamat atas pengesahan menjadi pimpinan DPRD.

"Peresmian ini adalah awal bagi saudara-saudara dalam melaksanakan tugas sebagai pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan. Maka dari itu saya yakin dan percaya kita dapat bekerjasama dan saling mengisi demi tercapainya kesejahteraan masyarakat demi terwujudnya Pelalawan Emas," ujar Bupati.

Dijelaskannya, pengambilan sumpah dan janji pimpinan dpr ini merupakan proses politik yang dilakukan sebagai pemenuhan amanat undang-undang.

"Untuk itu saudara sekalian perlu menyesuaikan diri serta mempelajari berbagai ketentuan dan tata tertib yang menjadi pedoman," terangnya lagi.

Ditambahkannya DPRD mempunyai tugas seperti membentuk peraturan daerah bersama pemerintah daerah termasuk melaksanakan penyusunan APBD. Selain itu dewan juga melakukan pengawasan terhadap penegakan perda dan perbup.

"Jadi fungsi dan tugas DPRD tersebut adalah legislasi, e-budgeting dan pengawasan. Juga ada wewenang yang lain yang diatur dalam perundang-undangan," ucap Harris.

Masih kata Dia, banyak progam yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah. 

"Saya berharap agar DPRD dan Stakeholder lainnya dapat menjalin kerjasama dan sinergi dalam mewujudkan kesejahteraan masyrakat. Berhasil atau tidaknya penyelenggaran pembangunan itu semua tergantung peran saudara-saudara semua," kata Bupati mengakhiri.

Untuk diketahui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan dijabat oleh 35 anggota dari berbagai lintas partai. 35 anggota DPRD tersebut berisi 20 wajah baru dan 15 wajah lama. 

Dalam alat kelengkapan DPRD akan ada Fraksi, Komisi, Badan Kehormatan (BK), Badan Legislatif (Baleg), Badan Anggaran (Banggar) serta Badan musyawarah (Bamus).
 untuk fraksi akan mempunyai 7 fraksi, yang iantara 5 fraksi murni dan 2 farksi gabungan.

Untuk Fraksi, Inilah dia 7 fraksi yang mengisi lembaga DPRD Kabupaten Pelalawan masa jabatan 2019-2014.

Fraksi-fraksi tersebut adalah, Fraksi Partai Golkar dengan Ketua Baharudin, Fraksi PDIP dipimpin Sozifao Hia, kemudian Fraksi PAN dengan Ketua Nazaruddin Arnazh lalu Fraksi Gerindra sebagai Ketua Andre Fransiscus Pane, Fraksi PKB Ketua Rahman Widjayanto, Fraksi Demokrat dan PKS di Ketuai Monang Pasaribu dan terakhir Fraksi Pembangunan Hati Nurani dinakhodai Junaidi Purba.

Sedangkan nama calon pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan ditetapkan, Adi Sukemi sebagai Ketua kemudian Syafrizal sebagai Wakil Ketua dan Anton Sugianto SUD juga sebagai Wakil Ketua.

Sekretaris DPRD Kabupaten Pelalawan Tengku Ridwan Mustafa menyampaikan, dalam Surat Keputusan telah ditetapkan nama - nama pimpinan DPRD dan nama pimpinan fraksi maka dengan ini diharap kedepannya sudah bisa memulai kerja dalam melaksanakan fungsi kelembagaan. "Sudah bisa menyusun alat-alat kelengkapan dewan yang lainnya secepatnya," ucap Ridwan. (Parlementaria)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan