FJPP

Kurangi Makan Nasi Putih Tak Cegah Diabetes jika Masih Doyan Konsumsi Ini

MONITORRIAU.COM - Banyak orang yang menjatuhkan pilihan untuk mengurangi makan nasi putih demi keberhasilan dietnya. Hal ini juga dipercaya akan menurunkan risiko terkena diabetes. Alih-alih mengurangi makan nasi putih, lebih baik kamu memerhatikan jenis makanan apa yang kamu konsumsi.

Dilansir dari straitstimes.com, Senin (18/11/19) Dua studi baru dari para peneliti National University of Singapore (NUS) dan Duke-NUS Medical School menyatakan bahwa orang-orang yang melakukan diet cendrung mengganti asupan kalori mereka. Mereka memilih untuk mengonsumsi daging merah dan unggas. Namun Profesor Rob Martinus van Dam, pemimpin domain epidemiologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Saw Swee Hock di NUS menyatakan bahwa diet semacam itu memiliki risiko diabetes yang lebih tinggi.

“Mereka yang melakukan diet terkadang mengonsumsi lebih banyak mi yang dimasak dengan saus yang mempunyai kadar gula yang tinggi, meskipun mereka mengurangi konsumsi nasi, makanan pengganti mereka bahkan meningkatkan risiko terkena diabetes” ujar Profesor Van Dam.

Pernyataan ini juga didukung oleh ucapan seorang Profesor Koh Woon Puay, direktur Pusat Pengembangan Klinis-Ilmuwan di Duke-NUS Medical School, "Risiko diabetes lebih tergantung pada kualitas keseluruhan dari diet yang dijalani seseorang. Rekomendasi untuk mengurangi nasi putih mungkin efektif jika makanan pengganti dipertimbangkan dengan sangat hati-hati." imbuhnya.

Dr Annie Ling, direktur kelompok kebijakan, penelitian, dan pengawasan di Badan Promosi Kesehatan (HPB), mengatakan temuan ini sesuai dengan rekomendasi HPB untuk makan lebih banyak beras merah.

“Sangat penting untuk mengelola pola makan dengan sangat baik, cendrung orang-orang mengganti nasi putih dengan makanan yang nyatanya tidak sehat. Alangkah baiknya ketika nasi putih diganti dengan mengonsumsi nasi merah,” tuturnya.

Penelitian ini juga mengikuti serangkaian penelitian yang membahas adanya korelasi antara asupan nasi putih dengan diabetes. Ditahun 2016, HPD mengutip studi oleh Harvard School of Public  yang menyatakan bahwa nasi putih yang dimakan secara teratur setiap harinya meningkatkan risiko diabetes sebesar 11 persen.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan