Kesehatan

Akibat Kurang Gizi, Balita Asal Langgam Dirawat di RSUD Selasih

Ilustrasi, net.

PANGKALAN KERINCI (MR) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, kembali menerima balita yang mengidap gizi buruk, beberapa hari yang lalu.

Balita tersebut bernama Fikri Kurniawan (3) putra pertama dari ibu Susi Susanti Warga Desa Penarikan, Kecamatan Langgam.

"Saya bawa Fikri ke Rumah Sakit Selasih atas inisiatif sendiri karena menderita sakit dan kondisinya yang mulai melemah," ujar Susi Susanti ketika ditemui di RSUD Selasih, Pangkalan Kerinci, Kamis (21/11/2019).

Menurut dokter yang bertugas di ruangan bagian anak RSUD Selasih, Hendri Sutapa Sp.A menyebutkan Fikri mengalami gizi buruk berupa kekurangan albumin protein (asupan gizi).

"Anak ini Hemoglobin (Hb) rendah karena mengalami anemia sehingga dilakukan transfusi darah sebanyak 3 kantong untuk menaikannya," ujarnya.

Masih kata spesialis anak ini, hasil observasi medis saat masuk perawatan Fikri mengalami perut yang membesar, kaki bengkak dan kepala yang tidak bisa diangkat dan bernafas dibantu oksigen.

"Hampir satu minggu dalam perawatan kondisinya sudah mulai membaik dimana perut sudah mulai mengecil, bengkak kaki sudah hilang dan kepala sudah bisa diangkat. Yang pastinya sudah tidak dibantu dengan oksigen lagi," ucapnya saat didampingi Kepala Bidang Keperawatan RSUD Selasih Pangkalan Kerinci, Ramdani Kamal.

Menurut Ramdani, kondisi Fikri saat datang berobat dengan rujukan dari Puskesmas Langgam ke RSUD Selasih beberapa hari yang lalu dalam kondisi kritis.

"Kita langsung melakukan transfusi darah untuk menaikan Hb dan menstabilkan kondisi sambil melakukan observasi," ucap mantan Kabid di Satpol PP Pelalawan ini.

Ditambahkannya, hingga satu minggu menjalani perawatan, kondisi Fikri masih belum stabil dan butuh perawatan intensif.

"Kita lihatlah keadaan karena ada alat untuk observasi yang tidak ada di RSUD Selasih. Jadi Kemungkinan dirujuk, cukup besar  dilakukan," kata Ramdani Kamal.***(ton)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan