Lifestyle & Entertainment

Lalapan Diduga Jadi Sumber Penyakit Hepatitis A di Depok

MONITORRIAU.COM - WABAH hepatitis A yang melanda SMU 20 Depok, Jawa Barat membuat banyak masyarakat di sekitarnya menjadi ketar-ketir. Warga menjadi khawatir dalam memilih bahan makanan yang hendak dikonsumsinya, karena takut tertular virus hepatitis A yang telah berstatus sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Ketua Umum PB Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, Dr. dr, Irsan Hasan, Sp.PD, KGEH mengimbau masyarakat untuk lebih higienis. Pasalnya, virus hepatitis A ini sangatlah unik karena kebal dalam beberapa kondisi dan mampu bertahan hidup dalam tubuh manusia

“Virus ini kalau masuk, masuknya kan lewat mulut, tertelan masuk ke lambung. Lambung itu kan asam. Tapi hebatnya virus hepatitis A tahan terhadap asam dan dingin. Di dalam es pun dia bisa hidup. Sayangnya virus ini tidak tahan pada panas,” terang dr. Irsan.

Dokter Irsan pun mengaitkan karakteristik virus hepatitis dengan kebiasaan orang Jawa Barat (Sunda) yang hobi mengonsumsi lalapan. Ia memprediksi, konsumsi lalapan bisa menjadi sarana paling berpotensi dalam penyebaran virus hepatitis A di masyarakat.

Dengan sifat virus hepatitis A tidak tahan terhadap panas, maka virus tersebut paling mudah menyebar lewat lalapan. Pasalnya, lalapan akan dimakan secara langsung dan tidak melalui proses pemasakan. Akibatnya, potensi terjangkit hepatitis A akan semakin besar jika lalapan tidak dibilas dengan benar.

“Susahnya orang Jawa Barat kan hobi makan lalapan. Mana ada lalapan digoreng? Jadi ini ada potensi menyebar. bahkan bukan hanya di Indonesia, di Amerika pun masih ada kejadian ini. Biasanya mereka kaitkan dengan salad, dengan sayuran-sayuran segar,” lanjutnya.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan