Revolusi Industri 4.0 Seolah Mendewakan Konsep Automatisasi Mesin

KPPBC Dumai Gelar Media Gathering

DUMAI (MR) - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Dumai menggelar Media Gathering, Kamis (05/12/2019) bertempat di Halaman Kantor BC, Jalan Datuk Laksamana.

Hadir dalam kegiatan Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Dumai, Fuad Fauzi bersama jajaran, Ketua PWI Dumai, Kambali, pengurus dan anggota serta sejumlah wartawan media cetak, elektronik serta media online.

Dalam siaran pers KPPBC Dumai menjelaskan bahwa Revolusi Industri 4.0 seolah mendewakan konsep automatisasi mesin. Dampak terdekatnya adalah berkurangnya secara signifikan campur tangan tenaga manusia. Dunia meyakini bahwa hal tersebut vital dibutuhkan oleh para pelaku industri demi efisiensi waktu, tenaga kerja, dan biaya.

Tak terelakan, revolusi Industri 4.0 pada akahimya menyasar seluruh sendi kehidupan masyarakat secara luas, tanpa kecuali. Mempengaruhi perilaku dan budaya baru di masyarakat. Dikalangan Industri, Era Industri 4.0 ditandai dengan tuntutan kalangan pengusaha kepada pengelola Negara, tuntutan tumbuhnya percepatan di segala bidang. Berbasis tehnologi informasi dan internet, semua hajat tersebut menjadi tidak mustahil diwujudkan. Waktu menjadi standar ukuran efisiensi, waktu adalah kesempatan yang tak berulang.

Bea Cukai tak mau tertinggal oleh tuntutan jaman. Pelayanan berbasis tehnologi terus dikembangkan. Jika saat ini, kantor Bea Cukai Dumai tidak terlalu riuh dengan tamu dan pengguna jasa, bukan berarti aktifitas dibelakang meja sepi, pelayanan terus berjalan dengan mengandalkan tehnologi pertukaran informasi, tatap muka, tidak Iagi menjadi prasyarat berarti. Pelayanan dan pengawasan Bea Cukai yang berbasis aplikasi menjadikan tatap muka tereduksi. Pelan tapi pasti, pelayanan dan pengawasan akan mengandalkan tehnologi.

Transparansi adalah jantung komunikasi. Menyampaikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat, hingga kebijakan pemerintah tersampaikan dengan benar, adalah tugas utama Humas organisasi pemerintah. Tantangan bagi humas pemerintah, ketika masyarakat cenderung kurang memberikan ruang apresiasi terhadap capaian-capaian pembangunan yang dilakukan para penyelenggara negara di pusat dan di daerah.

Memaksimalkan teknologi, agar manfaatnya bisa dirasakan, termasuk oleh kalangan jurnalistik. Pengambilan dan pertukaran informasi dapat dengan mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui teknologi jaringan internet.

Bea Cukai, salah satu organisasi pemerintah, yang melaksanakan fungsi utama yaitu 

a.    Fasilitation adalah mendorong pemberian fasilitas kepada seluruh lapisan masyarakat khusunya kalangan Industri, termasuk IKM;

b.    Community Protector, adalah peran Bea Cukai melindungi masyarakat juga lingkungan alam dari masuknya barang berbahaya atau merusak lingkungan dan;

c.    Revenue Collector, yaitu tugas Bea Cukai mengumpulkan penerimaan untuk menyokong APBN.

Diperlukan sinergi nyata Bea Cukai dengan kalangan Media, senergi dengan tujuan utama untuk bersama sama memberikan edukasi kepada masyarakat luas. Edukasi untuk merawat dan menjaga republik dari segala ancaman khsususnya dalam lingkup kapasitas tugas dan fungsi Bea Cukai dan Kementerian Keuangan pada umumnya.

Upaya sinergi nyata yang telah dilakukan Bea Cukai dengan awak media dalam hal tukar informasi diantaranya ;

a.    Tukar informasi melalui siaran pers yang dibagikan untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan Bea Cukai Dumai.

b.    Penyebaran informasi terkini, ragam kegiatan Bea Cukai dapat diakses melalui Media Sosial diantaranya WEBSITE, FB, IG, Youtube.

c.    UU Keterbukaan Informasi Publik (UU No 14 Thn 2008).

Komunikasi yang baik ditandai adanya semangat kejujuran dan transparansi. Tumbuhnya semangat bersama sama membangun negeri, bukan saja mencerminkan kualitas jurnalistik yang baik, lebih dari itu mencerminkan martabat sebuah bangsa.

"Terima kasih atas kritik dan saran dari rekan - rekan Pers yang telah sudi hadir dalam kegiatan Media Gathering kali ini," tukas Fuad sembari berharap semoga silaturahmi dan komunikasi yang telah terjalin bisa lebih baik lagi kedepannya.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan