Daerah

DLH Dumai Gelar Mural Art Festival 2019 dan Perlombaan Ecobrick dari Botol Plastik

Kepala Dinas DLH Satrio Wibowo bersama Kepala Bidang dan Kepala Seksi beserta staff saat meninjau Mural di Jalan Sultan Syarif Kasim Depan Bank BRI

DUMAI (MR) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  resmi menggelar Mural Art Festival 2019, Sabtu (14/12).

Mural Art Festival ini diikuti oleh 14 Kelompok ilustrator dan turut serta diramaikan oleh hadirnya ilustrator yang berpengalaman, salah satunya ilustrator yang sudah mengisi beberapa majalah di Hongkong serta ilustrator kaligrafi Islamic Center di Siak.

Mengusung Tema "Lingkungan", nantinya para ilustrator ini akan menggambar di beberapa dinding yang sudah disiapkan, adapun lokasi dinding tersebut terletak di Jalan Sultan Syarif Kasim di Depan Bank BRI serta di Jalan Bintan tepatnya berada di Depan Kampus STIE Dumai.

Mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dumai Satrio Wibowo, Fachruddimas Selaku Kepala Bidang Kebersihan yang didampingi oleh Kepala Seksi Arief Saputra kepada awak media menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi ke masyarakat agar selalu peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bentuk penyaluran kreatifitas para ilustrator Dumai untuk mengekspresikan kepedulian mereka terhadap Kota Dumai.

"Kegiatan mural yang mengambil tema lingkungan ini merupakan salah satu bentuk cara kami untuk menyuarakan, mensosialisasikan serta mengajak kepada seluruh masyarakat agar lebih peduli lagi terhadap lingkungan kita. Kegiatan ini juga agar bisa dimanfaatkan para ilustrator Kota Dumai untuk mengekspresiakan kepedulian mereka terhadap lingkungan Kota Dumai," Katanya.

FOTO: Beberapa ilustrator sedang mengerjakan mural di depan kampus STIE

Selain kegiatan Mural Art Festival, DLH juga turut mengadakan kegiatan ecobrick, Ecobrick sendiri jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah bata ramah lingkungan. 

Menurut kajian dari DLH Dumai, ecobrick setidaknya dapat mengurangi lebih kurang 1-3 Kilogram Sampah Botol plastik maupun plastik itu sendiri.

Kegiatan perlombaan ecobrick ini sudah disosialisasikan kepada masyarakat beberapa waktu yang lalu, kegiatan perlombaan ini juga turut diikuti sekitar 18 kelompok RT se Bintan.

Nantinya, para peserta dapat membuat segala bentuk perabotan seperti Kursi dan Meja sekreatif mungkin.

Hasil perabotan dari ecobrick ini rencananya akan diletakkan di depan jalan Bintan agar bisa dinikmati oleh khalayak ramai.

Tak lupa juga Fachruddimas juga turut menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak-pihak yang sudah mendukung terlaksananya Gerakan Dumai Bersih ini.

Dimas juga berharap agar jika masyarakat dapat menjaga seluruh hasil perlombaan ini nantinya.

FOTO: Ecobrick (google.com)

"Saya juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada para pihak-pihak yang sudah mendukung acara ini, seperti Kampus STT Dumai dimana bu Lis Afrida Sebagai penanggung jawab yang mana juga sebagai dosen dan penggiat ecobrick, Genpi Dumai, Gerakan Kebangsaan serta seluruh komunitas yang ada di Kota Dumai saya juga mengharapakan agar masyarakat Kota Dumai dapat menjaga Mural dan Ecobrick ini jika sudah jadi nanti," Katanya.


Penulis: Didin Marican




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan