Peristiwa

Satu Keluarga Hilang Diduga Terseret Banjir Bandang di Labuhanbatu Sumut

MONITORRIAU.COM - Tim gabungan yang dibentuk Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) masih terus melakukan upaya evakuasi dan pencarian satu keluarga yang dinyatakan hilang, Minggu (29/12/2019). Keluarga tersebut diduga terseret banjir bandang yang menerjang Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumut.

Tim gabungan meliputi dari unsur TNI, Polri, BPBD, Badan SAR dan masyarakat. Menurut laporan, satu keluarga yang masih dalam pencarian tim gabungan tersebut merupakan warga Desa Pematang yang diduga terdiri dari lima orang.

Selain satu keluarga yang dinyatakan hilang, banjir juga menyebabkan sedikitnya 9 rumah hanyut atau hilang dan 17 unit rumah lainnya rusak berat.

"Banjir bandang tersebut juga membuat Desa Hatapang terisolir dari dunia luar karena akses terputus," ujar Agus Wibowo, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB melalui keterangan tertulis.

Kemudian, banjir bandang juga menghancurkan 1 jembatan besar di jalan kabupaten dan sejumlah jembatan kecil lainnya hanyut terbawa arus banjir.

Selain kerugian infrastruktur, lahan pertanian seluas 15 hektare juga rusak tertimbun material banjir bandang berupa lumpur, bebatuan dan puing batang kayu berukuran besar.

Di samping itu, banjir juga memicu munculnya pergerakan tanah berupa tanah longsor sepanjang 100 meter dengan kedalaman hingga 5 meter.

Sebagai upaya penanganan bencana banjir bandang tersebut, tim telah membentuk posko darurat bencana dengan bantuan dari TNI sebanyak 25 personel ditambah satu kompi Polsek, BPBD dan unsur terkait lainnya.

Tim juga telah mengevakuasi masyarakat ke tempat pengungsian yang lebih aman seperti sekolah dan tempat ibadah. Selain itu bantuan logistik sudah diberikan kepada masyarakat terdampak dan tim gabungan terus bergerak untuk mengevakuasi dan memberi bantuan khususnya bagi warga Desa Hatapang yang terisolir.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan