Daerah

Bupati Bengkalis Resmi Menyandang Gelar Adat

BENGKALIS (MR) - Pemberian gelar adat yang dilaksanakan hari ini, merupakan bentuk kepedulian sebagai masyarakat melayu terhadap pemimpin yang memikul tanggung jawab yang besar, maka hari ini merupakan anugerah pertabalan dalam memberikan bantuan tersebesar pempinan negara ini bersuaian dengan adat resam melayu di Kabupaten Bengkalis.

Hal itu disampaikan yang disampaikan Dewan Pengurus Harian Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis Datuk Sri H Sofyan Said, Senin 20 Januari 2020, bertempat Balai Kerapatan Sri Mahkota Jalan Antara Bengkalis.

Melalui upacara penabalan tersebut, Bupati Bengkalis Amril Mukminin resmi mendapat gelar Datuk Seri Setia Amanah Junjugan Negeri, sementara berbicara Kasmarni mendapat gelar Datin Seri Junjungan Negeri.

“Pemberian penghargaan ini sesuai dengan ketentuan anggaran rumah tangga peraturan daerah Provinsi Riau Nomor 1 Tahun 2012 pasal 29 ayat 1 sebutan yang diberikan oleh Lembaga Adat Melayu Riau kepada orang-orang perseorangan anak negeri yang berjasa dalam melestarikan khasanah budaya melayu,” ujar Sofyian.

Tambah Sofyan memberikan gelar kepada Bupati Amril Mukminin meminta istri memberikan gelar kehormatan atas jasa-jasa yang sangat peduli terhadap perkembangan adat budaya ini, setia amanah adat menggunakan payung panji penasehat dan bimbingan masyarakat umum melayu, dengan sebutan setia sesuai amanah adat.

“Kita harus puas dengan bunga melayu menjadi bunga yang jelita ditaman ini, tanah bertuah ini adalah titipan, amanah dan kepercayaan yang harus kita jaga kelestarian budaya melayu,” ungkapnya.

Hubungkan DPH LAMR Bengkalis juga menjelaskan, memberikan adat ini tidak setakat nilai simbolik tetapi lebih jauh dari itu, menurut pemberian peringkat, menurut azam, istizam dan konsitusi yang dipahami, yang dipahami, yang kuat demi keselamatan marwah dan martabat di negeri ini.

Sebuah tugas berat untuk dipikul, disampaikan karena alasan amanah ini adalah amanah orang banyak.

Prosesi penabalan Bupati Bengkalis Amril Mukminin dipasangkan tanjak oleh MKA LAMR Kabupaten Bengkalis H Tengku Zainuddin, selempang dipasangkan langsung DPH LAMR Sofyan Said dan keris dipasang oleh DPH LAMR Provinsi Riau***(AS).




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan