Daerah

Ketua Tim Penggerak PKK Hj Rosmanidar Memberikan Materi Penyuluhan Kesehatan Ibu dan Bayi

LABUHANBATU (MR) - Bertempat di lapangan dusun Sukaramai Desa Tebing Linggahara Kecamatan Bilah Barat, Senin (10/2/2020) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe memberikan materi sekaligus membuka penyuluhan kesehatan ibu, bayi dan anak.

“Hari ini dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan ibu, bayi, dan anak, yang bertujuan memberikan pemahaman kepada orang tua untuk mempersiapkan hal-hal berkaitan dengan perkawinan, pengasuhan anak dan tumbuh kembang anaknya," ucap Rosmanidar mengawali materinya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Pada periode anak usia 0-5 tahun merupakan periode paling kritis dalam menentukan kualitas hidup anak dimasa yang akan datang, pada lima tahun pertama kehidupan, proses tumbuh kembang anak berjalan sangat pesat,para ahli mengatakan masa balita sebagai masa emas karena pada usia 0 sampai 2 tahun perkembangan otak anak mencapai 80%. Di masa ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan aspek-aspek dalam diri anak secara fisik, emosional, sosial dan pengetahuan intelektualnya.

"Membangun keluarga merupakan awal lahirnya generasi mendatang. Keluarga merupakan tempat untuk mendidik dan membentuk watak, moral serta melatih kebersamaan antar kehidupan bermasyarakat.” Ujar Rosmanidar.

Rosmanidar juga menyampaikan keluarga berkualitas adalah dambaan semua orang tua akan tetapi dibutuhkan ketahanan keluarga di mana masing-masing anggota keluarga mampu dan dapat melaksanakan 8 fungsi keluarga yaitu fungsi agama, sosial, budaya, cinta, kasih, perlindungan reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta fungsi pembinaan lingkungan, delapan fungsi keluarga ini dijadikan dasar dalam pengembangan kampung KB melalui Pokja kampung KB,” imbuhnya.

Rosmanidar juga berpesan anak adalah buah cinta dari ayah dan ibu, maka Sudah selayaknya keduanya bertanggung jawab dalam mendidik dan mengasuh mereka, anak yang lahir dengan belaian kasih sayang dari ayah dan ibunya akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan selalu siap dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Pengasuhan adalah proses mendidik, mengajarkan karakter, kontrol diri dan membentuk tingkah laku yang diinginkan,orang tua adalah pengasuh pertama dan utama bagi anak, tujuan pengasuhan adalah merawat,mengasuh dan mendidik anak agar dapat menjalankan peran sebagai pribadi yang mandiri dan anggota masyarakat. Dari itu marilah bersama-sama ciptakan lingkungan yang aman, dan nyaman sehingga tumbuh kembang anak akan optimal.berilah dan bekal anak dengan nilai-nilai agama dan akhlak yang baik sehingga bisa menghindari pengaruh lingkungan yang negatif,” tutup rosmanidar. (andi)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan