Kesehatan

Bukan Tanda Rindu, Ini Arti Sebenarnya Tanda Lunula di Kuku

MONITORRIAU.COM - Kita tentu pernah melihat tanda berbentuk setengah bundar warna putih yang suka muncul di permukaan kuku. Tanda garis setengah bundar warna putih itu, biasa disebut dengan istilah “half moon” di kalangan masyarakat awam. Secara medis, half moon warna putih di kuku ini diistilahkan juga dengan lunula.

Sebagian orang menganggap kemunculan lunula ini adalah sebagai pertanda sedang dirindukan oleh orang lain. Namun terlepas dari mitos tersebut, sebetulnya tanda half moon di kuku ini bisa jadi pertanda yang menunjukkan kondisi kesehatan tubuh kita.

Inilah mengapa, seperti disitat Thelist, Minggu (16/2/2020), sebetulnya kita harus rutin mengecek bentuk lunula di kuku. Indikasi pertama dilihat dari jika lunula ini menghilang dengan cepat, dikatakan ini mungkin bisa jadi indikasi ada masalah dengan kelenjar tiroid atau bisa juga sebagai tanda bahwa tubuh mengalami kekurangan vitamin B12 atau zat besi.

Tanda kedua ialah dilihat dari bentuk, jika bentuknya menjadi lebih kecil dari biasanya. Ini biasanya menjadi tanda Anda sedang mengalami tekanan darah rendah atau gangguan peredaran darah.

Begitupun jika tiba-tiba lunula tersebut ukurannya jauh lebih besar daripada biasanya, ini bisa jadi salah satu indikasi ada masalah di bagian kardiovaskular alias jantung.

Selanjutnya dari segi warna, perhatikan di kuku Anda. Jika warnanya hitam, ini bukan pertanda baik, sebab Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab normalnya warna yang muncul adalah putih (indikasi bahwa tubuh dalam keadaan sehat), jika lunula di kuku menunjukkan hitam, ini diketahui sebagai indikasi tubuh keracunan logam berat.

Indikasi terakhir yang bisa diperhatikan adalah posisi dari lunula itu sendiri. Menurut laporan Bright Side, setiap posisi jari itu terhubung dengan bagian-bagian berbeda di dalam tubuh.*** (okezone)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan