Daerah

Camat Rantau Utara Gelar Rapat Sosialisasi Sensus Penduduk Online 2020

LABUHANBATU (MR) - Pemerintah Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Selasa (18/2/2020), menggelar rapat koordinasi dalam rangka sosialisasi sensus penduduk online (SPO) 2020, di ruang rapat kantor camat setempat.

Rapat koordinasi ini, dipimpin Camat Turing Ritonga ST MM, dan dihadiri Kepala BPS Kabupaten Labuhanbatu, Rahmad Gustiar SSi MSi, Kasat Binmas Polres, AKP Asmon Bufitra, Danramil, Ka KUA dan serta aparat instansi terkait lainnya.

Camat Rantau Utara Turing Ritonga berharap kepada warga masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan sensus penduduk online 2020.

Selain itu, Turing juga menyampaikan, semua pihak terkait dapat berkoordinasi dan mendukung program pemerintah melakukan sensus penduduk tahun 2020.

Sementara Kepala Kepala BPS Kabupaten Labuhanbatu, Rahmat Gustiar S.Si, M.Si menyebutkan, dasar kegiatan sensus penduduk yaitu Undang-undang nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah nomor 51 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan statistik.

Termasuk pula katanya, rekomendasi PBB mengenai sensus penduduk dan perumahan. Atas dasar itu, Badan Pusat Statistik akan melaksanakan sensus penduduk tahun 2020.

“Ini merupakan yang ke 7 sejak tahun 1961, dengan tujuan mendata jumlah komposisi persebaran dan karakteristik penduduk Indonesia, sebagai dasar perencanaan dan kebijakan pemerintah,” jelasnya.

Rahmat menambahkan, manfaat data hasil sensus penduduk, untuk mengetahui kebutuhan infrastruktur. Seperti jumlah dan fasilitas sekolah, jumlah dan fasilitas kesehatan, fasilitas-fasilitas komunikasi seperti jaringan telepon dan internet yang memadai. Dan infrastruktur lainnya.

Kemudian manfaat lainnya, sensus penduduk mampu membangun budaya baru masyarakat, terhadap arti dan pentingnya data, dimulai dari kepedulian terhadap data pribadinya.

“Karena itu, kami mohon kerjasamanya kepada instansi pemerintah untuk menyampaikan dan menyebarluaskan informasi sensus penduduk 2020 ini demi kemajuan bangsa dan negara,” ucap Rahmat. (Anditan)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan