Daerah

Calon Independen di Pilkada Pelalawan Gagal

PANGKALAN KERINCI (MR) - Usai sudah tahapan pendaftaran Bakal Calon (Bacalon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) untuk calon perseorangan atau independen, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pelalawan  yang digelar tahun ini juga.

Namun untuk calon dari perseorangan atau independen tidak ada, walaupun pasangan calon Zaini Ismail-Tengku Kespandiar sempat melakukan pendaftaran di KPU Kabupaten Pelalawan.

"Pasangan itu tidak memenuhi persyaratan," ujar Ketua Devisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan Bapri Naldi di Pangkalan Kerinci, Jumat (28/2).

Dijelaskannya, tahapan pendaftaran bacalon dari jalur perseorangan atau independen adalah pada tanggal 19 hingga 23 Februari 2020 pukul 00.00 WIB dengan membawa dokumen surat dukungan minimal 20.178 dukungan.

"Pasangan tersebut mendaftar pada tanggal 23 Februari 2020 pukul 20.50 WIB dengan membawa dokumen surat dukungan dari warga masyarakat sebanyak 21.468 dukungan," ungkapnya.

Setelah dilakukan verifikasi hanya 20.372 surat dukungan yang memenuhi persyaratan formil, sisanya sekitar 1.096 dukungan tidak memenuhi persyaratan.

"Ada kekurangan 346 surat dukungan dari syarat minimal yang ditetapkan. Setelah melalui pleno kita tetapkan pasangan tersebut gugur karena tidak memenuhi persyaratan sesuai dengan yang ditetapkan KPU. Ini kita buatkan berita acara penyerahan barang bukti dan dokumen kepada mereka pada tanggal 24 Februari 2020 pukul 08.00 WIB," jelasnya lagi.

Masih kata Ia lagi, KPU telah mengsosialisasikan tahapan pilkada kepada pimpinan partai, tokoh masyarakat dan juga masyarakat itu sendiri.

"Kepada tim sukses kita telah sampaikan agar segera menyerahkan surat dukungan agar jangan terpepet waktu. Jadi bila ada kekurangan bisa segera dibetulkan dan diperbaiki," ujarnya seraya menambahkan, pada pasangan Zaini dan Kespandiar mereka menyerahkan persyaratan pada saat injuri time. Jadi mereka tidak punya waktu lagi untuk melakukan perbaikan syarat dukungan," katanya mengakhiri.

(ton).




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan