Daerah

Satu Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Tanjungpinang Negatif

TANJUNGPINANG (MR) - Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk,  dan KB Kota Tanjungpinang, Rustam menyatakan hasil pemeriksaan pertama kasus pasien terkonfirmasi covid-19 di Tanjungpinang hasilnya negatif. 
 
"Hasilnya sudah negatif. Namun, belum bisa dikatakan sembuh, karena masih akan dilakukan pemeriksaan tambahan sampai dua kali berturut-turut," ungkapnya, Minggu (22/3/2020).
 
Rustam mengatakan, test sampel kedua sudah diambil Jum'at kemarin, tinggal menunggu hasil. Apabila hasilnya negatif maka pasien dinyatakan sembuh. "Saat ini, kondisinya baik. Alhamdulillah sejauh ini belum ada penularan setempat di Tanjungpinang. Semoga kita semua dapat terus saling membantu mencegah penyebaran covid-19 ini," ucapnya.

Berdasarkan data terbaru perkembangan covid-19 dari Dinas Kesehatan kota Tanjungpinang hingga Minggu, (22/3), jumlah orang dalam pemantauan (ODO) 58 orang, selesai pemantauan 22 orang, dan proses pemantauan 36 orang.  
 
Pasien dalam pengawasan (PDP) 12 orang, selesai pengawasan 5 orang, kasus pisitif 1 orang, pemeriksaan laboratorium spesimen dalam proses 11 ODP dan 5 PDP. Hasil pertama pemeriksaan kasus konfirmasi sudah selesai dan hasil negatif.
 
Sementara Wali Kota Tanjungpinang dan Dinas Kesehatan terus menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, namun waspada dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. 
 
Bahkan beberapa langkah penanganan kasus ini sudah diterapkan pemko Tanjungpinang sebelumnya seperti imbauan kepada masyarakat untuk tetap tinggal di rumah, mengurangi kegiatan di keramaian, edukasi pencegahan covid-19, hingga menerapkan work from home bagi ASN dan belajar dari rumah bagi peserta didik.
 
Selain itu, apabila ada warga yang menunjukkan gejala mulai dari batuk, demam hingga sesak napas segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan seperti, puskesmas, klinik, dan rumah sakit. 
 
Di kota Tanjungpinang terdapat 7 unit puskesmas, 3 unit rumah sakit, dan 1 rumah sakit yang ditunjuk sebagai rujukan yakni RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) Provinsi Kepri. (Tri/Diskominfo)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan