Lawan Covid-19

Pertamina Salurkan Bantuan APD ke Pemko Dumai

Pertamina RU II Dumai saat menyalurkan bantuan APD ke Pemko Dumai yg diterima langsung oleh Walikota Dumai, Selasa (7/4/2020)

DUMAI (MR) – Sebagai dukungan kepada pemerintah dalam penanganan Covid-19, Pertamina kembali salurkan bantuan berupa paket Alat Pelindung Diri (APD). Terdiri dari beberapa barang yang dapat digunakan oleh tenaga medis mulai Pakaian Hazardous Material (Hazmat), masker bedah medis hingga pelindung kepala, kali ini bantuan diserahkan di Kota Dumai melalui Pertamina Refinery Unit II. 

Bantuan diserahkan oleh Pjs General Manager Pertamina RU II Permono Avianto kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Dumai yang secara langsung diterima oleh Walikota Dumai Zulkifli AS di Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Dumai di Jalan H.R. Subrantas Selasa (07/04/2020). 

Ditemui di sela kegiatan Walikota Dumai Zulkifli AS menyatakan apresiasinya kapada Pertamina yang telah aktif terlibat dalam kegiatan penanganan Covid-19. Menurutnya, bantuan berupa APD ini menjadi salah satu hal yang penting untuk meningkatkan kehandalan pelayanan kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. 

Di berbagai kesempatan, Zulkifli AS juga tak henti-hentinya menghimbau masyarakat untuk selalu menerapkan jarak interaksi fisik yang aman atau Physical Distancing serta mengurangi aktivitas luar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak untuk dilakukan. 

“Mewakili Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Dumai, saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang terus disalurkan oleh Pertamina. Semoga bantuan ini dapat semakin meningkatkan semangat khususnya para tenaga medis yang bertugas di lapangan serta menjadi inspirasi bagi pihak-pihak lain untuk melakukan hal yang serupa,”ungkap Zulkifli AS. 

Pada kesempatan yang sama Pjs GM Pertamina RU II Permono Avianto menjelaskan bantuan yang diserahkan merupakan salah satu wujud dukungan Pertamina terhadap upaya percepatan penanganan Covid-19, khususnya di Kota Dumai. 

Ia pun menjelaskan di internal Pertamina sendiri telah dibentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang tidak hanya menyusun program dalam penanganan Covid-19 di internal Pertamina namun juga menyusun program-program yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, salah satunya penyerahan bantuan APD ini. 

Lebih detail mengenai bantuan paket APD yang diserahkan, Permono menyatakan APD yang terkumpul dan diserahkan hari ini kepada Gugus Tugas Penangan Covid-19 Kota Dumai ini merupakan hasil kolaborasi antara perusahaan melalui dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina dan sumbangan pekerja Pertamina RU II melalui Serikat Pekerja Kiang Minyak Puteri Tujuh (SP – KMPT). 

Dalam rentang pengumpulan dana sejak siaga Covid-19 mulai diberlakukan di Kota Dumai, terkumpul paket APD berupa Pakaian Hazmat sebanyak 350 buah,  sarung tangan Medis 150 buah, pelindung kepala 150 buah, termometer digital 5 buah, face shield atau pelindung wajah 10  buah, sepatu 10 pasang, kacamata goggle 10 buah dan masker bedah medis sebanyak 10.000 buah. 

“Kami harus akui bahwa di masa siaga Covid-19, penyediaan APD ini menjadi tantangan tersendiri di tengah ketersediaan yang semakin menipis. Namun demikian, Alhamdulillah melalui upaya sourcing ke berbagai pihak kami dapat membantu penyediaan APD walaupun dalam jumlah yang masih terbatas,” jelas Permono. 

Ketua SP-KMPT Riduan menambahkan pekerja Pertamina khususnya di RU II masih akan terus menggalakan donasi untuk bantuan penanggulangan Covid-19 yang akan disalurkan untuk masyarakat kota Dumai.

“Bantuan tersebut akan dialokasikan sesuai dengan kebutuhan yang akan dikordinasikan dengan Gugus Tugas melalui tim CSR RU II,” imbuh Riduan.

Ia berharap bantuan yang diberikan dari donasi pekerja dapat membantu mempercepat penanganan Covid-19 khususnya kepada tenaga medis dan umumnya ke masyarakat luas.

“Sebagai pekerja yang juga menetap di Dumai, kami ingin senantiasa memberikan kontribusi nyata kepada pemerintah yang dijembatani oleh Pertamina,” tutup Riduan.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan