Daerah

Lagi, 1 Warga Rohul Masuk PDP, 2 Orang Dinyatakan Negatif Virus Corona

ROHUL (MR) - Dua dari 5 orang warga Rokan Hulu, Riau yang masuk dalam daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sudah dinyatakan negatif dari Virus Corona.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Drs Yusmar, menyampaikan, sampai saat ini (Rabu 8/4/2020 red), jumlah PDP di Rokan Hulu, secara kumulatif berjumlah 6 org, karena ada penambahan PDP dari Kecamatan Kepenuhan.

"Hari ini ada penambahan PDP 1 orang. Ke 5 orang masih dalam rawatan (isolasi) dengan rincian, isolasi di RSUD sebanyak 3 orang, isolasi mandiri sejumlah 2 orang.  Sementara eks PDP, 2  orang dengan hasil uji negatif dan dinyatakan sudah sembuh, "terang Yusmar.

Dijelaskannya, berdasarkan keterangan dari Direktur RSUD Rokan Hulu, dr. Novil,  PDP hari ini seharusnya 5 karena 2 orang sudah sembuh, tapi hari ini terjadi penambahan PDP 1 orang dari Kecamatan Kepenuhan.

"Riwayat perjalanan PDP ini tidak ada , riwayat kontak dengan orang lain yang terinveksi juga tidak ada. Hanya yang bersangkutan bertugas tidak menggunakan APD yang sesuai. 

Bahkan lanjutnya, 4 pasien sudah diambil sampel swab, sementara 1 yang baru, belum.

Adapun kondisi pasien yang masih dalam perawatan,  kondisi baik, keluhan batuk dan sesak mulai berkurang, menunggu hasil swab dari Litbangkes Pusat.

Sementara, status Positif, 1 (satu) orang

Berdasarkan keterangan Tim Medis, Direktur RSUD Rokan Hulu, untuk pasien positif Covid 19, Keadaaan umum,  baik, Kesadaran,  baik, tekanan darah normal, keluhan sesak mulai berkurang dari hari kemarin.

"Terhadap pasien positif juga dilaksanakan  pemeriksaan penunjang laboratorium dan rotgen yg setiap 48 jam, sesuai tatalaksana  protokoler Kemenkes hari  ke 14 akan kita lakukan swab dan rapid test ulang," terangnya, Rabu (8/4/2020).

Sementara, untuk perkembangan Orang Dalam Pemantauan (ODP) bagi warga yang kembali dari luar Rokan Hulu, atau warga lain yang datang ke Rokan Hulu dari daerah yang sudah terinveksi Covid 19, berjumlah 2.559 orang. Dengan status, masih  Pamantauan berjumlah 1.685 Orang dan selesai Pemantauan sebanyak 874 Orang.

"874 status ODP menjadi eks ODP, artinya telah 14 hari dalam pantauan dan sudah selesai di pantau dengan kata lain status aman," ujarnya. (ber/rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan