Daerah

Abdi Jaya Pohan: Ada 42 Desa yang Telah Membentuk Relawan Cegah Covid-19

LABUHANBATU (MR) - Dari 75 desa yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, 42 diantaranya telah membentuk susunan pengurus relawan desa lawan covid-19. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu, Abdi Jaya Pohan pada Kamis (08/04/2020).

Menurut Abdi,pembentukan relawan desa lawan covid-19 ini, sesuai surat edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar, tertanggal 20 Maret 2020, juga instruksi Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT.

Berdasarkan surat edaran itu kata Abdi, selaku Ketua Relawan dijabat langsung kepala desa dengan wakilnya ketua BPD, dibantu anggota yang melibatkan berbagai pihak terkait, dan sebagai mitra yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pendamping desa.

Sementara itu, dana operasional relawan desa lawan covid-19, dapat diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang bersumber dari dana desa.

“Khusus untuk kabupaten Labuhanbatu, masing-masing desa, telah menganggarkan dana operasional relawan desa lawan covid-19, diantara Rp15 sampai Rp60 juta,” ucap Abdi.

Abdi juga menjelaskan, sesuai surat edaran Menteri Desa, diantaranya melakukan pencegahan, melakukan deteksi dini penyebaran covid-19, melakukan penanganan terhadap warga desa korban Covid-19.

"Apa yang kita lakukan ini merupakan sesuai surat edaran menteri desa, dan saya berharap agar berbagai pihak ikut memantau kegiatan relawan dan mendukung program yang dilakukan, agar program Pemerintah Pusat yang ditindaklanjuti dengan instruksi Bupati Labuhanbatu, dapat berjalan sebagaimana mestinya," tutupnya. (anditan)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan