Daerah

Kabupaten Labuhanbatu Mendapat Predikat Terbaik PPD

LABUHANBATU (MR) - Kabupaten Labuhanbatu mendapat predikat terbaik dalam perolehan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu (13/05/2020).

Penilaian PPD ini melalui empat aspek berdasarkan surat keputusan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPD) Sumatera Utara atas hasil rapat pleno tahun 2020  yang dilaksanakan 20 Februari 2020.

Nama Kabupaten Labuhan Batu muncul mendapat predikat terbaik dengan hasil penilaian di atas rata rata, di ikuti Kabupaten Padang Lawas Utara dan Samosir.

Menurut keterangan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti, Penilaian tersebut berdasarkan pencapaian beberapa aspek yang dicapai Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu diantaranya,

Pertama aspek pencapaian pembangunan hingga 30 persen meliputi pertumbuhan ekonomi dan PDBR perkapita, Tingkat pengangguran terbuka dan jumlah pengangguran, kemiskinan, indeks pembangunan manusia, ketimpangan antar kelompok pendapatan (Gini Rasio) dan ketimpangan Regional, pelayanan publik, keamanan dan ketertiban, pengelolaan keuangan transparansi dan akuntabilitas, serta pencapaian pembangunan Spesifik daerah. Kedua, aspek kualitas dokumen RKPD mencapai 20 persen, meliputi keterkaitan RKPD 2020 dengan RPJMD, RKP 2020 serta perencanaan sekitarnya, konsistensi antar substansi dalam dokumen RKPD 2020, selanjutnya kelengkapan kedalaman dokumen RKPD 2020 tingkat perencanaan dalam dokumen. Ketiga, aspek penyusunan  dokumen RKPD 30 persen, kualitas proses Bottom-up dalam penyusunan RKPD 2020, kualitas Top-Down dalam penyusunan RKPD 2020, kualitas proses teknokratik dalam penyusunan RKPD 2020, Keempat, aspek inovasi 20 persen meliputi input inovasi, output inovasi dan outcome inovasi. Selain itu 15 inovasi pembangunan daerah sesuai Permendagri No. 90 Tahun 2019, Skor indeks inovasi daerah labuhanbatu tahun 2019 berada di urutan ke-35 kabupaten/kota se-Indonesia dan kabupaten/kota di tingkat Provinsi Sumatera Utara. (anditan)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan